Sukses

Baru 4.067 Rumah yang Terima Subsidi Bunga KPR dari Pemerintah

Kementerian PUPR mencatat sudah ada 4.067 unit rumah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang mendapat subsidi selisih bunga (SSB).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat sudah ada 4.067 unit rumah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang mendapat subsidi selisih bunga (SSB). Adapun jumlah itu setara 2,3 persen dari target sebanyak 175.000 rumah.

"SSB sebanyak 175.000 unit. baru 2,32 persen jadi masih sangat banyak," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Eko Djoeli Herilpoerwanto, dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu (29/7).

Dia menambahkan, program ini merupakan langkah pemerintah mengatasi permasalahan berikut rumahan yang disebabkan pandemi covid. Adapun pembiayaan dikeluarkan untuk subsidi bunga ini mencapai sebesar Rp1,5 triliun.

"Di masa pandemi ini Pemerintah berikan ancang-ancang antisipasi keadaan ini di Maret awal pemerintah tambahkan alokasi untuk bantuan Rp1 triliun," jelas dia.

Sementara itu, Wakil Kementerian, Suahasil Nazara menambahkan, pemberian subsidi selisih bunga ini merupakan salah satu realisasi dari program pemulihan ekonomi nasional. Di mana pemerintah menganggarkan Rp695 triliun untuk diberbagai sektor.

"Sektor perumahan dapat subsidi bunga dari PEN," kata dia.

Dia menambahkan, subsidi bunga akan diberikan untuk para debitur KPR bank dengan rumah tipe 21 sampai tipe 70. Nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan OJK dan perbankan untuk mendata nasabah mana saja yang bisa mendapatkan subsidi.

"Artinya teman-teman yang punya KPR 70, seyogyanya KPRnya nama dan nasabah tercatat di OJK, dan OJK akan informasikan ke Kemneku dan Kemenkeu akan kerjasama ke perbankan, besaran subsidi untuk nasabah. Ini ada design seperti ini dan sekarang sedang berjalan," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pekan Depan, REI dan Jaksa Agung akan Teken Perjanjian Kawal Rumah Subsidi

Pengusaha yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) akan menandatangani pakta integritas dengan Kejaksaan Agung untuk mengawal pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Rencananya, penandatanganan akan berlangsung pada 28 Juli 2020.

"Minggu depan saya selaku Ketua Umum REI akan tanda tangan dengan Jaksa Agung, karena beliau sudah mengeluarkan surat perintah untuk mengamankan kebijakan perizinan properti," ujar Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida dalam sesi teleconference, Kamis (23/7/2020).

Totok menyebutkan, pernyataan tertulis tersebut berisi arahan Kejaksaan Agung untuk beberapa permasalahan. Seperti percepatan perizinan pembangunan rumah termasuk bagi non-MBR, hingga masalah Bea Perolehan atas Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan penerbitan pungutan daerah.

"Karena menurut Kejaksaan Agung bahwa properti ini masuk dalam proyek strategis pemerintah, sehingga akan diamankan," kata Totok.

Sebelumnya, pada 29 Juni 2020 lalu, Kejaksaan Agung telah menerbitkan Surat Pengamanan Pembangunan Rumah bagi MBR kepada REI.

Dalam surat tersebut, Kejaksaan Agung memerintahkan REI untuk melaksanakan kegiatan pengamanan proyek yang bersifat strategis terkait percepatan pembangunan rumah untuk MBR.

REI juga diamanatkan untuk melaporkan hasil pelaksanaannya secara berkala maupun insidentil kepada Jaksa Agung Muda Intelijen.

"Melaksanakan Surat Perintah Pengaman Pembangunan Strategis sejak ditandantangani surat perintah ini sampai dengan selesai pekerjaan atau ditentukan khusus," tulis Kejaksaan Agung dalam akhir surat tersebut. 

3 dari 3 halaman

BPK Surati Menteri PUPR soal Penyaluran Rumah Subsidi, Apa Isinya?

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengirimkan surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas adanya sejumlah temuan terkait penyaluran rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, surat itu diberikan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pagi hari ini. Isinya, terkait masalah seputar subsidi bunga kredit dan subsidi bantuan uang muka dalam penyaluran rumah subsidi.

"Jadi tadi pagi bapak Menteri menerima laporan hasil pemeriksaan BPK untuk Kementerian PUPR. Ini ada permasalahan dengan subsidi bunga kredit dan subsidi bantuan uang muka," ujar Eko dalam webinar bersama Real Estate Indonesia (REI), Kamis (23/7/2020).

Dalam laporan tersebut, ia menyampaikan, disinggung soal pengenaan yang tidak tepat sasaran, pemanfaatan rumah tidak sesuai dengan ketentuan, serta pemantauan dan evaluasi belum optimal.

"Untuk yang tidak tepat sasaran dan pemanfaatan rumah ini kami lakukan pantauan sejak awal. Kemudian kalau kita men-screening calon debitur itu agak ketat untuk urusan ini, supaya dia tetap tepat sasaran," jelasnya.

Ke depan, ia melanjutkan, BPK meminta pemantauan dan evaluasi masalah ini untuk lebih dioptimalkan. Beberapa rekomendasi yang diberikan yakni menghitung, menarik dan menyetorkan atas realisasi belanja subsidi selisih bunga (SSB) yang tidak tepat sasaran.

Rekomendasi berikutnya, menghitung, menarik dan menyetorkan subsidi bantuan uang muka (SBUM) rumah subsidi yang tidak tepat sasaran, dengan jumlah sekitar Rp 1,5 miliar.

Kementerian PUPR disebutnya coba meresapi anjuran tersebut, sehingga masyarakat berpenghasilan rendah ke depannya tidak lagi harus terusir dari rumah yang sudah ditempatinya.

"Mohon dipahami, ketika seseorang sudah akad kredit kemudian menempati rumah, lalu ini dipermasalahkan. Maka satu-satunya cara adalah mencoba untuk supaya yang sudah menghuni rumah bantuan pemerintah jadinya keluar, dan itu lebih menyakitkan dibandingkan kita melakukan secara preventif," tuturnya.

"Jadi mohon untuk para pengembang yang membangun rumah bersubsidi atau rumah murah, hal-hal seperti ini akan kami kurangi dengan cara mempersiapkan sejak awal screening yang relatif lebih ketat. Supaya kalau MBR sudah masuk di rumah itu, kans dia untuk terusir itu sedikit," ujar Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.