Sukses

Ekonomi Pulih, Waspada Inflasi di 2021

Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju inflasi tahun depan akan meningkat seiring dengan terjadinya pemulihan ekonomi

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju inflasi tahun depan akan meningkat seiring dengan terjadinya pemulihan ekonomi di Tanah Air. Apalagi pemerintah mengasumsikan pertumbuhan ekonomi pada 2021 akan berada pada kisaran 4,5 persen sampai 5,5 persen.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti mengatakan, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di tahun depan secara otomatis akan meningkatkan daya beli masyarakat. Kondisi itu yang kemudian akan membentuk angka inflasi di 2021.

"Artinya akivitasnya udah ada, supply deman sudah mulai bergerak. Tentunya itu akan melihat inflasi di sana," jelas Destry dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Kendati begitu, dirinya tidak bisa menyebut berapa kisaran kenailan tingkat inflasi pada tahun depan. Namun, jika diklasifikasi berdasarkan sifatnya, kemungkinan tingkat inflasi yang dari sektor makanan akan sulit dikendalikan pada 2021.

"Kalau inflasi core, kita akan melihat dari aktivitas bisnis. Tapi yang sulit dikendalikan adalah inflasi yang sifatnya volatile food. Jadi inflasi yang berasal dari harga makanan," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pihaknya bersama pemerintah dan otoritas terkait juga terus akan melihat lebih dalam dari supply side atau ketersediaan yang berasal dari kebutuhan pokok. Apalagi sejauh ini sudah sudah ada tim pengendalian inflasi baik di daerah maupun pusat

"Kami bersinergi untuk sama-sama mengendalikan inflasi, itu satu hal risiko iya, tapi bagaimana mitigasinya sudah kami perhitungkan," pungkas Destry.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.