Sukses

Dulu Dianggap Hobi, 8 Pekerjaan Ini Sekarang Paling Diminati

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang pekerjaan, ada banyak pekerjaan yang saat ini dibutuhkan di Indonesia. Mulai dari yang gajinya rendah, menengah, hingga tinggi pun ada.

Namun, beberapa pekerjaan yang dulunya tidak dikenal justru sangat diminati saat ini, bahkan dikabarkan punya prospek yang menjanjikan.

Yang pasti bukan pekerjaan kantoran, ya! Berikut daftar pekerjaannya, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang sedang mencari kerja atau ingin beralih profesi yang telah dirangkum oleh Cermati.com:

1. Blogger

Meski sudah dilakoni sejak dulu, namun blogging bukanlah profesi yang banyak peminatnya. Apalagi dulu, blog hanya sebagai sarana edukasi dan berbagi pengalaman. Tapi sekarang, blogging sangat diminati bahkan jumlah blogger (penulis blog) semakin bertambah.Hal yang wajar karena pekerjaan ini cukup menyenangkan. Anda dapat memanfaatkan passion di bidang tulis-menulis untuk menghasilkan sejumlah uang. Dan tidak sedikit blogger yang akhirnya mengepakkan sayap menjadi penulis.

2. Youtuber

Jika tugas blogger untuk menciptakan tulisan, maka youtuber untuk menciptakan konten berupa video. Hasilnya nanti akan dipublikasikan langsung di Youtube. Apabila penonton videonya banyak, maka seorang youtuber berhak menerima pundi-pundi rupiah sebagai reward. Jika dulu youtuber bisa dihitung pakai jari, tapi kalau sekarang sudah tidak bisa lagi. Sebab, banyak artis dan rakyat biasa yang kini menjadikan platform Youtube sebagai sarana empuk untuk meningkatkan kekayaan. Tak heran kalau youtuber baru terus bermunculan.

3. Fashion Stylist

Seperti namanya, fashion stylist bertugas untuk mengatur gaya busana dari public figure. Entah itu saat menghadiri suatu acara gala dinner maupun pemotretan. Profesi ini jarang disorot karena dilakukan di balik layar, berbeda dengan fashion designer yang selalu tampil di depan setiap kali rancangannya dipamerkan di atas catwalk. Meski begitu, pekerjaan ini sangatlah dibutuhkan. Dengan bantuan fashion stylist, beban pikiran seorang public figure setidaknya dapat berkurang karena untuk urusan pakaian sudah ada yang atur.

 

2 dari 3 halaman

Fotografer

4. Fotografer

Melakoni suatu pekerjaan yang merupakan hobi tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau bayarannya lumayan besar. Itulah profesi fotografer. Meski pekerjaannya sering dianggap remeh, tapi fotografer memiliki prospek yang sangat menjanjikan, terutama di era digital seperti sekarang. Bukan hanya penyelenggara wedding atau desainer saja yang butuh jasa fotografer, tapi jugainfluencer di media sosial. Mereka membutuhkan bantuan fotografer untuk mengabadikan gambar terbaik di mana saja berada untuk menjaga eksistensi.

5. Tester Produk

Dalam satu hari, setidaknya ada satu atau dua produk baru yang diluncurkan di pasar. Sebelum resmi diluncurkan, pemilik produk akan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan tingkat kelayakan produk. Apabila masih ada yang kurang, maka bisa diperbaiki lagi sebelum akhirnya dipasarkan kepada konsumen. Di sinilah bantuan tester produk sangat dibutuhkan. Seorang tester harus memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap produk yang hendak dipasarkan. Sebab, perusahaan pembuat produk pastiakan meminta feedback baik dan buruk.

6. Freelancer

Seperti namanya freelancer, berarti profesi yang sama sekali tidak terikat oleh apa-apa. Artinya, freelancer bisa melakoni beberapa pekerjaan sekaligus tanpa larangan dari pihak mana saja. Selagi bisa mempertanggung jawabkan pekerjaan, maka sah-sah saja. Untuk menjadi freelancer handal, Anda harus menguasai satu bidang ilmu terlebih dahulu. Kemudian, asah bidang ilmunya untuk meningkatkan skill. Ketika skill yang dimiliki di atas rata-rata, maka bayaran yang berhak diperoleh pun semakin besar.

 

3 dari 3 halaman

Data Analyst

7. Data Analyst

Pekerjaan data analyst bukanlah pekerjaan yang famous 10-15 tahun silam, tapi sekarang cukup diminati berkat adanya digitalisasi. Bahkan banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk data analyst dengan range salary yang cukup menggiurkan. Pekerjaan ini berhubungan dengan data statistik, matematika, dan ekonomi yang dipadukan dengan ilmu komputer. Cukup menarik, bukan? Namun, mendalami ilmunya menghabiskan waktu bertahun-tahun lamanya. Anda yang hendak melakoni profesi ini juga harus terus belajar karena tuntutan perkembangan teknologi yang begitu pesat.

8. Fashion Influencer

Seperti padanan kedua katanya, profesi ini bertugas untuk mempengaruhi orang lain dalam dunia fashion. Artinya orang yang tadinya sama sekali tidak mengerti fashion, sekarang bisa jadi lebih melek dan menjadi bagian dari komunitas fashion di negara masing-masing. Peminatnya sangat banyak, baik dari kaum Hawa maupun Adam. Sebab, prospek kerjanya sangat menjanjikan. Apalagi industri fashion akan selalu berkembang, tidak akan ada matinya.