Sukses

AirAsia Kembali Angkut Penumpang Berjadwal Mulai Hari Ini 19 Juni 2020

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia resmi kembali melayani penerbangan berjadwal di Indonesia, mulai Jumat, 19 Juni 2020.

Pembukaan penerbangan ini ditandai dengan pengoperasian rute domestik Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan, dan penerbangan internasional Surabaya-Kuala Lumpur dan Medan-Kuala Lumpur menggunakan pesawat Airbus A320.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, penerbangan berjadwal perdana pasca hibernasi ini menandai kembalinya layanan AirAsia Indonesia pada rute tersebut yang nantinya akan dilanjutkan dengan penambahan frekuensi penerbangan secara bertahap dan pengoperasian rute-rute lainnya. 

 “Saat ini kami sedang  fokus untuk memulihkan seluruh jaringan rute kami secara bertahap sekaligus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19 dan pemulihan minat bepergian selama periode new normal," ujar dia dalam keterangannya.

Dia memastikan penerbangan menerapkan protokol keamanan dan kesehatan yang berlaku. Kembali melayani penerbangan dikatakan sebagai upaya berkontribusi dalam memulihkan perekonomian Indonesia.

Para pelanggan dapat memesan penerbangan yang tersedia melalui situsnya airasia.com dan aplikasi seluler AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo Akun Kredit. AirAsia memberikan bagasi cuma-cuma untuk penerbangan domestik hingga 15ckg.

"Selama masa hibernasi hingga saat ini, AirAsia Indonesia telah melayani sejumlah penerbangan sewa (charter) domestik dan internasional untuk kebutuhan mobilisasi tenaga kerja dan medis, misi repatriasi, dan pengiriman logistik dan bantuan," dia menandaskan.

2 dari 3 halaman

Penumpang AirAsia Bebas Ubah Jadwal Penerbangan hingga 31 Oktober 2020

Penumpang AirAsia yang telah memesan tiket untuk penerbangan pada 23 Maret hingga 31 Agustus 2020 dan dibatalkan oleh pihak maskapai kini dapat memanfaatkan pilihan kompensasi Akun Kredit dengan masa berlaku hingga 2 tahun atau fleksibilitas perubahan jadwal penerbangan tidak terbatas sampai dengan 31 Oktober 2020. 

"Selain itu, seluruh tiket yang telah dipesan sebelum 3 Juni dengan jadwal keberangkatan hingga 30 Juni 2020 juga dapat memanfaatkan pilihan fleksibilitas tersebut jika pelanggan ingin mengubah rencana perjalanannya dengan alasan apa pun," dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Pelanggan yang memenuhi persyaratan dapat memilih kompensasi berikut ini: 

- Ubah Jadwal: Ubah jadwal penerbangan ke tanggal lainnya sampai dengan 31 Oktober 2020 di rute yang sama, dapat dilakukan tidak terbatas dan tanpa biaya tambahan, sesuai ketersediaan kursi.

- Akun Kredit: Dapatkan deposit senilai harga tiket dalam akun AirAsia BIG yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya. Akun kredit dapat digunakan untuk pemesanan tiket dengan tanggal keberangkatan kapan saja hingga 730 hari kalender (2 tahun) sejak diterbitkan selama penerbangannya telah tersedia di airasia.com.  

Pelanggan dapat memeriksa Panduan COVID-19 untuk mengetahui informasi seputar cara mengajukan pilihan kompensasi perjalanan yang tersedia melalui AVA yang tersedia di support.airasia.com atau airasia.com.

Informasi pengajuan kompensasi tersebut hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia. Bagi pelanggan yang memesan melalui group desk atau melalui agen perjalanan, silakan menghubungi agen pemesanan masing-masing untuk bantuan lebih lanjut. 

"Staf layanan pelanggan kami, termasuk AVA, saat ini sedang mengalami peningkatan permintaan dan kami berupaya yang terbaik untuk dapat melayani semua pelanggan dalam masa sulit ini. Mohon kesabaran dan kerja samanya untuk dapat memberikan kami kesempatan melayani pelanggan dengan tanggal keberangkatan yang lebih awal terlebih dahulu," jelas keterangan tertulis tersebut.

AirAsia memastikan bahwa keselamatan dan kesehatan penumpang dan staf adalah prioritas utama. AirAsia mematuhi anjuran dan peraturan pemerintah dan otoritas penerbangan sipil setempat, badan kesehatan setempat dan dunia termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

AirAsia senantiasa memantau kondisi global dan akan menyampaikan sekiranya terjadi perkembangan kebijakan sesuai dengan situasi terkini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: