Sukses

Disimak 8 Hal Sederhana yang Bisa Antarkan Jadi Miliarder

Berikut contoh hal-hal sederhana yang dilakukan para miliarder yang juga bisa Anda terapkan dalam hidup sehari-hari .

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada satu orang pun yang menolak menjadi kaya raya apalagi miliarder. Hidupnya serba berkecukupan, kondisi finansialnya aman terkendali, bahkan hartanya tidak akan habis sampai tujuh keturunan. Sangat enak, bukan?

Namun pada kenyataannya, untuk menjadi seorang miliarder tidak bisa diraih dalam waktu singkat. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu belasan tahun bahkan separuh dari hidupnya untuk memperoleh gelar ini.

Di samping itu, mereka juga membiasakan diri untuk melakukan hal-hal sederhana yang bisa membantu mereka menuju kesuksesan finansial.

Berikut contoh hal-hal sederhana yang dilakukan para miliarder yang juga bisa Anda terapkan dalam hidup sehari-hari seperti dikutip dari Cermati.com

1. Menjalani Hidup dengan Rencana yang Jelas

Apa yang akan dilakukan dalam 1,2,3 minggu mendatang sudah direncanakan dengan jelas.

Para miliarder menjadikan rencana sebagai pedoman dalam melakukan tindakan, sehingga segala sesuatunya tidak terjadi secara kebetulan atau asal-asalan.

Dengan rencana, setidaknya mereka dapat mengikis rasa takut karena bayang-bayang kegagalan yang mungkin terjadi di masa mendatang. Alhasil, hari-hari pun dijalani dengan penuh keyakinan.

2. Membangun dan Memperluas Jaringan

Semakin banyak jaringan yang berhasil dibangun, maka semakin mudah mereka menjalani hidup.

Para miliarder tidak perlu takut apabila rencana bisnisnya stuck begitu saja, karena mereka bisa memanfaatkan jaringan sebagai wadah untuk berdiskusi sekaligus mengambil keputusan.

Jaringan juga yang senantiasa membukakan jalan bagi mereka untuk mengembangkan diri. Jadi, jangan pernah menutup dirimu terhadap orang-orang di sekitar. Bisa saja orang yang tidak dikenal justru membantu untuk meraih sukses, sama seperti yang Anda inginkan.

3. Berlatih Mengontrol Nafsu Belanja

Dengan kekayaan yang ada, para miliarder bisa mendapatkan apapun yang dibutuhkan sekaligus diinginkan dalam sekejap mata. Bahkan mereka tak perlu memusingkan harga, karena kekayaannya tak mungkin habis begitu saja. Namun pada kenyataannya, mereka justru memilih untuk mengontrol nafsu belanja yang muncul.

Mereka menyisihkan uang untuk ditabung, bukan dibelanjakan apalagi demi hal-hal yang kurang penting. Dan ini dilakukan secara konsisten, jadi wajar apabila kondisi keuangan mereka selalu stabil bahkan semakin membaik dari hari ke hari.

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Melakukan Ekspansi Bisnis Secara Realistis

Pendapatan terbesar seorang miliarder berasal dari bisnis. Wajar saja bila mereka tak henti-hentinya melakukan ekspansi bisnis demi menambah pundi kekayaan.

Tapi yang menarik adalah mereka tidak melakukan ekspansi secara ekstrem alias besar-besaran, tapi realistis. Sikap realistis menyadarkan mereka akan keterbatasan yang dimiliki, sehingga mereka tidak bertindak secara gegabah.

Mereka memikirkan dampak dari perbuatannya secara nyata, meskipun itu hanya ada di pikiran saja, bukan kenyataan.

5. Fokus pada Beberapa Sumber Pendapatan Sekaligus

Kenapa kekayaan seorang miliarder tidak pernah habis, tapi justru bertambah dari waktu ke waktu? Karena mereka tidak hanya berpaku pada satu sumber pendapatan, melainkan beberapa sumber sekaligus.

Selain bisnis, mereka juga menerima imbal hasil dari investasi.Sejatinya, Anda juga harus melakukan hal yang sama seperti miliarder.

Manfaatkan gajimu untuk membuka bisnis atau memanfaatkan skill untuk mencari pekerjaan sampingan. Alhasil, Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan di luar penghasilan dari pekerjaan utama.

6. Mengevaluasi Setiap Pengeluaran

Meskipun punya banyak uang, para miliarder peduli terhadap setiap pengeluaran. Hal ini tidak lantas membuat mereka pelit, mereka hanya berusaha untuk lebih cerdas dalam mengelola pengeluaran sehingga tidak melebihi pemasukannya setiap bulan.

Pencatatan demi pencatatan pun dilakukan untuk mengetahui kemana uang tersebut digunakan. Saat akhir bulan tiba, mereka akan mengevaluasi pengeluaran yang dicatatnya. Apabila ada kesalahan, mereka akan segera perbaiki untuk pengelolaan uang pada bulan berikutnya.

 

3 dari 3 halaman

7. Memperhatikan Kebutuhan Bawahan

Kesuksesan seorang miliarder bukan semata-mata karena kehebatan dan kekuatannya sendiri, tapi kesuksesan ini tidak lepas dari bantuan bawahan yang bekerja dengan mereka.

Terkadang, bawahan tidak hanya melakukan apa yang diperintahkan, tetapi juga berusaha untuk mengingatkan kesalahan dan kekurangan yang dimiliki miliarder. Alhasil, miliarder lebih hati-hati saat mengambil keputusan.

Jabatan yang tinggi tidak lantas membuat Anda bersikap sesuka hati dalam bekerja. Tetap ada aturan, dimana Anda harus bisa menghargai status, privasi, dan kerja keras agar bawahan segan dan loyal pada perusahaan yang Anda pimpin.

8. Menatap Masa Depan

Kesalahan yang terjadi hari ini cukup dipikirkan hari ini saja, dan tidak untuk hari esok. Miliarder melakukannya karena tidak ingin ingin hari-harinya terusik oleh kegagalan di masa lalu, karena mereka masih punya masa depan yang butuh perhatian lebih. Bagaimana cara memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik, setidaknya ini yang mereka pikirkan.

Sama seperti Anda, sebaiknya jangan terlalu memikirkan kejadian yang ada di masa lalu. Fokuslah membuat rencana-rencana terbaik demi mewujudkan masa depan yang lebih cerah.

Siapkan plan B sebagai cadangan apabila plan A gagal, sehingga langkahmu tidak terhenti begitu saja saat kegagalan menghampiri.

Rencanakan Masa Depan untuk Jadi Miliarder!

Hal-hal sederhana nyatanya dapat membawa perubahan besar dalam hidup seseorang.  Sama seperti seorang miliarder yang memulainya dari kebiasaan kecil setiap hari.

Bila Anda ingin menjadi miliarder, setidaknya lakukan kebiasaan-kebiasaan di atas sebagai bentuk latihan agar siap meniti kesuksesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya