Sukses

Deretan Orang Terkaya Dunia Paling Royal Berdonasi hingga Triliunan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang terkaya di dunia terkenal hobi menyisihkan sebagian harta untuk disumbangkan dengan nilai mencapai miliaran Dolar Amerika Serikat (AS). Terlebih pada 2020, banyak orang sangat membutuhkan bantuan di tengah wabah pandemi virus corona (Covid).

Sebagai catatan, satu hal yang juga perlu diperhatikan yakni perbandingan antara bantuan donasi yang disalurkan dengan jumlah kekayaan bersih yang mereka miliki.

Sebagai contoh, jika seseorang dengan total harta USD 100 ribu menyumbang USD 25 ribu, maka nilai donasi yang diberikan sekitar 25 persen dari kekayaan bersihnya.

Namun, bagi miliarder dengan jumlah aset mencapai USD 1 miliar (Rp 14,8 triliun), dia tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memberikan sumbangan sebesar USD 100 ribu, atau hanya sekitar 0,01 persen dari kekayaan bersihnya.

Lantas, siapa saja miliarder kaya dunia yang sangat bermurah hati menggelontorkan banyak hartanya untuk bantuan sosial di dunia?

Seperti dikutip dari Worldatlas.com, Rabu (27/5/2020), berikut daftar pengusaha mapan dunia yang paling banyak menyalurkan donasi:

1. Bill Gates dan Keluarga

Bill and Melinda Gates Foundation merupakan badan amal milik pribadi terbesar di planet ini. Sejak dibangun pada 2000 hingga 2018, Bill Gates dan keluarga telah mendonasikan lebih dari USD 36 miliar (Rp 532,8 triliun) melalui badan amal tersebut.

Selain itu, Bill Gates juga telah menyisihkan miliaran saham milik Microsoft untuk badan amal yang dibentuknya. Sumbangan bernilai super tersebut ternyata tak banyak membuat aset miliknya berkurang, di mana kekayaan bersihnya pada 2018 lalu tercatat sebesar USD 90 miliar (Rp 1.332 triliun).

2. Azim Premji

Pada 2019, miliarder teknologi asal India ini memberikan saham senilai USD 7,6 miliar (Rp 112,4 triliun) dari perusahaan outsourcing IT miliknya, Wipro Limited kepada organisasi amal, Azim Premji Foundation.

Premji sendiri merupakan salah satu pengusaha paling makmur di dunia, dimana pendapatan perusahaan miliknya pada tahun lalu mencapai USD 8,5 miliar (Rp 125,8 triliun).

 

2 dari 2 halaman

3. Warren Buffett

Orang terkaya keempat di dunia ini tiap tahun rajin menyumbang miliaran dolar AS melalui perusahaan saham yang dibawahinya, Berkshire Hathaway.

Seperti pada 2019, saham senilai USD 3,6 miliar (Rp 53,2 triliun) diberikan kepada badan amal besar seperti Susan Thompson Buffett Foundation dan Bill and Melinda Gates Foundation.

Pada 2018, Forbes menghitung total donasi yang telah diberikan sepanjang umurnya mencapai USD 38 miliar, sementara kekayaannya pada saat itu mencapai USD 87 miliar (Rp 1.287 triliun).

4. Michael dan Susan Dell

Sepasang suami-istri pemilik perusahaan teknologi Dell ini juga terkenal rajin berdonasi. Pada 2018, Michael dan Susan Dell yang memiliki kekayaan bersih USD 22,7 miliar menyumbang sekitar USD 2 miliar (Rp 29,6 triliun) kepada badan amal.

Mereka juga telah membentuk Michael and Susan Dell Foundation, sebuah lembaga yang membantu anak kecil yang terjerat kemiskinan.

Pada 2016, Dell menyisihkan USD 36 miliar (Rp 532,8 triliun) untuk membangun kembali Kota Houston di Texas, AS yang hancur akibat Badai Harvey.

5. Carlos Slim

Pebisnis asal Mexico yang menjalankan perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Latin ini tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD 67,1 miliar pada 2018.

Pada tahun yang sama, ia juga telah mendonasikan harta senilai USD 5 miliar (Rp 74 triliun) lewat Carlos Slim Foundation, sebuah lembaga sosial untuk membantu populasi di Mexico dan Amerika Latin yang rentan kemiskinan.