Sukses

Antusias UMKM Ikut Training Online Pertamina Selama Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Pertamina kembali akan memberikan training online bertajuk Stategi Mengembangkan Usaha Saat Corona untuk membantu bisnis UMKM agar tidak jalan di tempat. Training oline itu sekaligus membuka wawasan dan pengetahuan para pelaku UMKM tentang cara mengembangkan usahanya saat pandemi Covid-19.

Training online telah dilaksanakan pada Selasa (5/5) itu disiarkan langsung melalui akun Instagram@gen_umkm dengan instruktur Rendika Nugraha yang merupakan Dosen Kewirausahaan President University. Sebanyak 556 orang yang merupakan mitra binaan pertamina dan UMKM RKB Pertamina bergabung dalam training online ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari seri Online Traning untuk Mitra Binaan Pertamina dan UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB). Pelatihan ini diselenggarakan setiap 2 mingguan selama imbauan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan #dirumahaja.

Adapun materi yang disampaikan, tambah Fajriyah, antara lain tentang kenapa bisnis perlu dikembangkan sebagai investasi dan asset serta warisan anak cucu. Kemudian, presentasi data dan contoh bisnis yang sudah berkembang yang dimulai dari UMKM, tantangan dalam mengembangkan suatu bisnis serta langkah-langkah mengembangkan bisnis untuk UMKM.

 

Ahmad Imam Miftahu Arifin dari Situbondo peserta UMKM dari usaha minuman kopi sangat mengapresiasi kegiatan ini "Semoga Semakin sering mengadakan pelatihan online lagi, Supaya Menambah ilmu dan wawasan tentang memajukan UMKM, dan juga Untuk keseluruhan pelatihannya sudah sangat baik, Sangat membantu untuk mengembangkan UMKM kedepannya," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rica Ratih Listyaningrum dari Jakarta Selatan peserta UMKM Rica Craft dibidang kerajinan tangan mote dan rajutan. Rica memberikan saran dan masukannya untuk menambah lagi kegiatan serupa.

"Untuk ke depannya akan lebih baik jika pelatihan online secara langsung begini rutin dilaksanakan, karena para mitra binaan bisa lebih sering berbagi tentang kendala-kendala yang ditemui dilapangan. Tentu saja mungkin waktunya bisa ditambah karena waktu satu jam, saya rasa masih kurang untuk menampung pertanyaan-pertanyaan yang mungkin para rekan rekan ingin kemukakan," ujarnya.

Apresiasi juga datang dari peserta UMKM dari Pekanbaru yang mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kegiatan ini. "Semoga di adakan lagi online bisnis seperti ini, sangat membantu kami para UMKM supaya siap naik kelas," ujar Wiran Rizal pemilik usaha Dapur Mirani dibidang usaha kue dan keripik .

"Pertamina akan terus konsisten melakukan pembinaan dan pendampingan serta meningkatkan kemampuan usaha pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan sehingga bisa tumbuh menjadi pengusaha yang tangguh dan maju dalam membantu mengembangkan ekonomi nasional," kata Fajriyah. 

 

(*)