Sukses

Indef: Larangan Mudik Demi Ekonomi Nasional Lebih Baik

Selama ini tradisi mudik menjadi ladang emas bagi pertumbuhan konsumsi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Insitute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan, kebijakan pelarangan mudik berpotensi menurunkan ekonomi nasional. Sebab tradisi mudik menjadi ladang emas bagi pertumbuhan konsumsi masyarakat.

Namun, inilah cara yang harus ditempuh pemerintah demi mengakhiri pandemi covid-19 yang membuat terpuruknya ekonomi domestik.

"Mudik ini biasanya jadi amunisi pertumbuhan ekonomi, mobilitas orang akan diikuti pertumbuhan konsumsi rumah tangga. Tapi kalau mudik tetap dilakukan, kita khawatir pandemi covid-19 tidak usai," ujar Enny dalam diskusi larangan mudik secara virtual bersama sejumlah ahli, Rabu (22/4/2020).

Menurut Enny sejatinya potensi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran 2020 sudah mengalami penurunan. Ini terkait aturan pemerintah yang terlebih dahulu melarang pegawai ASN melakukan mudik dan para pekerja sektor informal yabg telah lebih awal melakukan perjalanan mudik sebelum aturan PSBB dan larangan mudik diputuskan pemerintah.

Di samping itu, pembatasan operasional transportasi umum dan pengaturan kapasitas penumpang untuk menjaga pshycal distancing. Berimbas pada menurunnya minat masyarakat untuk melali perjalanan mudik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Segera Diterapkan

Oleh karenanya implementasi aturan larangan mudik harus segera diterapkan untuk membatasi pergerakan manusia disaat wabah corona berlangsung.

Sebab ditakutkan pandemi ini tidak akan berakhir meskipun sudah melewati bulan Mei atau Juni, seperti yang diprediksi sejumlah ahli.

"Kalau nggak selesai nggak ada yang bisa bertahan hidup. Sebab tanpa penghasilan untuk 2 sampai 3 bulan ke depannya," pungkasnya.

Sulaeman

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini