Sukses

Ditengah Corona, Buruh Harus Pandai Atur Keuangan

Sejumlah perusahaan mulai melakukan OHK sebagai dampak pelemahan ekonomi akibat virus corona

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Peneliti Center Of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Pieter Abdullah mengatakan bahwa maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh sejumlah perusahaan di berbagai daerah merupakan pil pahit yang harus ditelan para pekerja ditengah wabah virus corona (Covid-19)

Sebab, banyak perusahaan terpaksa menghentikan aktivitas produksi karena lesuhnya perekonomian nasional akibat Covid-19

"Kan Tidak ada income atau pemasukan bagi perusahaan. Oleh karena itu, timbulnya PHK," kata Pieter kepada Merdeka.com pada Senin (6/4/2020).

Diakuinya PHK merupakan beban yang cukup berat bagi sejumlah pekerja Indonesia di saat Covid-19 berlangsung. Maka dari itu sejumlah perusahaan terpaksa melakukan PHK guna menjaga kelangsungan bisnisnya.

Beruntung pemerintah telah mengeluarkan berbagai paket kebijakan guna meminimalisir beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi corona, seperti rencana pemberian bantuan sosial, pembebasan tarif listrik bagi masyarakat bawah hingga keringanan pembayaran kredit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencanakan Keuangan yang Lebih Baik

Oleh karena itu, ekonom senior tersebut berpesan bahwa seluruh lapisan masyarakat harus merencanakan keuangannya secara lebih baik, ditengah perlambatan ekonomi nasional akibat wabah virus corona.

"Semua pihak harus prihatin. Pengeluaran keuangan saat ini, tidak bisa berjalan normal," terang dia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini