Sukses

6 Bahasa Tubuh yang Bisa Bikin Lolos Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta Bisa lolos terus dalam seleksi bahkan hingga memasuki tahap interview atau wawancara kerja di perusahaan atau di posisi yang kita inginkan tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Namun biasanya, kesenangan ini tidak berlangsung lama dan justru berubah menjadi hal yang menegangkan bagi para pencari kerja.

Bagaimana tidak? Wawancara kerja merupakan tahap akhir dan penentu bahwa seseorang bisa diterima kerja atau tidak.

Nilai yang tinggi dan prestasi akademik yang memuaskan belum tentu menjadi penentu bahwa seseorang bisa diterima kerja dengan mudah dan lolos saat tes tahap terakhir ini. Justru sebaliknya, banyak orang yang gagal diterima kerja ketika ia berada di tes wawancara kerja.

Agar bisa diterima kerja, kunci utamanya tentu adalah lolos wawancara kerja. Lantas, bagaimana agar bisa lolos wawancara kerja?

Selain penampilan yang maksimal dan sopan serta pengetahuan yang cukup, salah satu penentu untuk lolos dari wawancara kerja adalah bahasa tubuh yang baik saat melakukan wawancara kerja.

Kira-kira bahasa tubuh yang seperti apakah itu? Mengutip Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker, berikut enam bahasa tubuh yang bisa buat kamu lolos wawancara kerja:

2 dari 3 halaman

1. Jabat tangan dengan tegas

2. Duduk tegak dan tenang

3. Tetap jaga kontak mata

3 dari 3 halaman

4. Mengangguk sambil menyimak

5. Tetap teguh dan jangan menunduk

6. Senyum dan ucapkan terima kasih

Bagaimana, mudah bukan? Yuk ikuti bahasa tubuh di atas agar kamu bisa lolos wawancara kerja dan dapat kerja yang kamu inginkan di tahun 2020 ini.