Sukses

7 Orang yang Menyandang Miliarder Baru di 2019

Liputan6.com, Jakarta Tahun lalu bukanlah tahun yang mudah bagi para miliarder. Di 2018, pertama kalinya dalam tujuh tahun beberapa miliarder harus menerima jika kekayaan mereka menyusut, menurut perusahaan konsultan teknologi Prancis Capgemini.

Menurut laporan Wealth-X, miliarder di seluruh dunia kehilangan 7 persen dari kekayaan bersih kolektif di tahun lalu, akibat ketidakstabilan pasar pada akhir tahun. 

Perlambatan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia dan ketegangan perdagangan juga berkontribusi terhadap penurunan kekayaan tersebut.

Meski demikian, tercatat masih ada beberapa orang yang menuai kesuksesan dan mampu menyandang predikat miliarder di tahun ini di tengah pelemahan global sepanjang 2018. 

Beberapa jutawan baru di tahun ini berasal dari industri hiburan, termasuk Kylie Jenner dan Jay-Z. Simak 7 orang yang menyandang status miliarder di tahun ini, seperti mengutip laman Forbes:

1. Kylie Jenner 

Pegiat media sosial Kylie Jenner menjadi berita utama ketika dia dinyatakan sebagai miliarder termuda di dunia oleh Forbes pada bulan Maret. Kekayaan bersihnya mencapai USD 1 miliar (Rp 14 triliun) pada Maret 2019.

Jenner, sukses membangun kerajaan kosmetik, serta memulai lini pakaian dengan saudara perempuannya. Dia mampu menghasilkan jutaan dolar melalui promosi produk di Instagram.

Forbes memperkirakan bahwa perusahaan Jenner, Kylie Cosmetics, bernilai USD 900 juta. Ditambah uang yang dia hasilkan dari bisnis membawanya ke status miliarder.

Meski demikian, banyak yang mengkritik dengan menyebut Jenner memperoleh kekayaan bukan dari hasil jerih payah sendiri. Sebab dia dilahirkan kaya dan memiliki istimewa. 

Jenner sempat menegaskan jika kekayaan yang dia hasilkan merupakan upaya sendiri. Seraya menambahkan jika orangtuanya mendidik mandiri sejak usia 15 tahun.

2. Katie Ronan dan Kathy Fields

Pendiri Proactiv Katie Ronan dan Kathy Fields menyandang gelar miliarder pertamanya pada  pada Maret 2019. Dengan nilai kekayaan bersih  masing-masing USD 1,5 miliar (Rp 21 triliun)

Ronan dan Fields, yang masing-masing berusia 64 dan 61 tahun, bertemu ketika menjadi dermatologi dan baru lulus dari sekolah kedokteran.

Mereka terkenal usai menciptakan lini pengobatan jerawat Proactiv - 300.000 konsultan independen Rodan + Fields telah menjual kosmetik 1,5 miliar dolar pada tahun 2017.

3. Eric Yuan 

Saham Zoom melonjak dalam debut perdagangan publiknya pada April. Ini  membuat sang CEO Eric Yuan menjadi miliarder. Dengan kekayaan bersih USD 3 miliar pada April 2019.

Sebelum mendirikan Zoom pada 2011, Yuan adalah wakil presiden bidang teknik di Cisco. Dia pertama kali datang ke AS dari China pada 1997 setelah gagal mengajukan permohonan visa delapan kali.

Pada percobaan kesembilannya, Yuan diterima, dan dia datang ke negara itu tanpa berbicara bahasa Inggris, lapor CNBC . Yuan, pendiri dan CEO Zoom, memiliki 20,5 persen saham perusahaannya.

 

 

2 dari 2 halaman

4. Jay-Z

 Jay-Z menyandang gelar miliarder hip-hop pertamanya pada bulan Juni 2019. Dengan nilai kekayaan bersih USD 1 miliar.

Rapper ini telah menghasilkan jutaan dolar dari penjualan tur dan album-album topping selama hampir 30 tahun karir. Tetapi musik bukan satu-satunya sumber penghasilan Jay-Z.

Selama bertahun-tahun, Jay-Z telah membagi sumber bisnisnya di dunia hip-hop ke bisnis lainnya yang diperoleh sebagai pengusaha. Usaha bisnisnya meliputi label hiburan, lini pakaian, merek alkohol kelas atas, dan layanan streaming musik Tidal.

5. Slack Stewart Butterfield

Pendiri dan CEO Slack Stewart Butterfield dinyatakan sebagai miliarder pada Juni. Dengan kekayaan bersih USD 1,6 miliar.

Debut Slack mungkin yang membuat Butterfield, menjadi seorang miliarder. Namun sebenarnya itu bukan perusahaan sukses pertama yang ia dirikan. Butterfield juga mendirikan situs berbagi foto Flickr, yang ia jual ke Yahoo seharga lebih dari USD 20 juta pada 2013.

 6. Ryan Graves 

Karyawan awal Uber, Ryan Graves masuk dalam daftar orang terkaya dunia. Dengan nilai kekayaan bersih USD 1,6 miliar pada Maret 2019. Graves (35 tahun) adalah karyawan pertama yang dipekerjakan oleh mantan CEO Uber Travis Kalanick.

7. Dani Reiss 

CEO Goose Kanada Dani Reiss menjadi miliarder, ketika Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencaoai USD 1,3 miliar. Reiss, 46 tahun, mengambil alih perusahaan pakaian mewah yang didirikan oleh kakeknya pada tahun 2001. 

Reporter: Danar Jatikusumo