Sukses

5 Tips Kelola Keuangan agar Tak Cepat Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai penawaran diskon yang fantastis membuat sebagian orang kerap berbelanja di luar kemampuan. Sebagian besar lainnya menghabiskan uang untuk merenovasi rumah, membeli kendaraan baru, atau memberikan hadiah kepada orang terdekat.

Tentu saja, hal-hal atau pengeluaran yang tidak terkontrol tersebut bisa membuat kantong seseorang bolong. Bahkan bisa-bisa jeratan utang tak terkendali dan kemudian membuat bangkrut. 

Proses pemilihan kartu kredit dan pembayaran yang bijaksana dan didukung oleh disiplin keuangan, dapat membantu Anda menghemat uang serta menjaga kesehatan keuangan Anda.

Melansir dari Financial Express, Minggu (27/10/2019), berikut beberapa tips keuangan agar bisa mengelola pengeluaran dengan cerdas:

1. Siapkan anggaran

Sebelum pergi berbelanja, pastikan Anda membuat anggaran seperti daftar pembelian yang Anda inginkan. Tetapkan batas pengeluaran untuk masing-masingnya.

Daftar ini akan menghentikan Anda dari terbawa oleh penawaran penjualan meriah yang menarik dan berujung dalam membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Cobalah tetap berpegang pada daftar yang telah Anda siapkan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

2. Jangan melebihi 30-40 persen dari batas kredit

Skor kredit yang lebih rendah akan mengurangi kartu kredit Anda di masa depan dan kelayakan pinjaman.

Jika total pengeluaran Anda telah melebihi yang dianggarkan, mintalah penerbit kartu kredit untuk meningkatkan batas kredit. Bisa juga untuk merutekan beberapa pengeluaran yang dianggarkan melalui kartu kredit.

3. Gunakan diskon kartu debit atau kartu kredit

Biasanya satu orang dapat memiliki lebih dari satu kartu kredit. Menyebarkan transaksi di berbagai kartu kredit dapat membantu mengurangi tagihan secara keseluruhan.

Selain itu beberapa bank bisa menawarkan diskon khusus dan penawaran cashback untuk pengeluaran kartu kredit dan debit.

3 dari 4 halaman

4. Bandingkan berbagai opsi pinjaman

Pilih opsi kartu kredit yang datang dengan kesepakatan terbaik dalam hal tingkat bunga, waktu pemrosesan, uang muka, dan masa pinjaman. Kunjungi pasar pinjaman online untuk membandingkan berbagai opsi kartu kredit yang tersedia pada skor kartu kredit Anda. Seperti pendapatan bulanan, dan kriteria lainnya.

5. Gunakan bonus untuk meningkatkan kesejahteraan finansial

Sektor publik dan juga banyak perusahaan sektor swasta membayar bonus besar kepada karyawan mereka. Surplus yang tersisa harus digunakan untuk membayar sebagian hutang Anda atau melakukan investasi untuk tujuan finansial Anda.

Reporter: Chrismonica

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini: