Sukses

Mandiri Gelar Kompetisi Wirausaha Muda Gandeng Nicholas Saputra Jadi Jurinya

Liputan6.com, Jakarta Banyak jalan menjadi pengusaha bagi generasi muda jaman sekarang. Salah satu pendorong perkembangan aset bangsa menjadi pengusaha itu dilakukan Bank Mandiri melalui kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang kembali digelar tahun 2019 ini. Menariknya, untuk memancing motivasi dan minat generasi muda menjadi pelaku usaha, perseroan mengajak Nicholas Saputra yang dikenal sebagai seniman, aktivis sosial sekaligus pelaku bisnis sebagai jurinya.

Beberapa profesional muda lainnya yang akan tampil sebagai juri di antaranya ada Dimas Djayadiningrat sebagai pelaku industri kreatif serta CEO Bukalapak Ahmad Zaky. Hadir juga Masterchef Indonesia Chef Renata yang turut menilai inovasi dari setiap juara zona. 

Tahun ini kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) memang sedikit berbeda. 12 tahun digelar, program pembibitan wirausaha muda yang digelar Bank Mandiri terbukti cukup diminati dan telah memuluskan jalan ribuan pelaku usaha muda. Lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah terjaring sejak penyelenggaraan pertamanya di tahun 2007. 

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia Bank Mandiri Agus Dwi Handaya  pun berharap meski ada perubahan konsep penjurian, kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dapat kembali menjaring bibit wirausaha dari seluruh kalangan.

"Perbedaan utama WMM tahun ini adalah dilakukannya penjurian secara zonasi, dimana kami akan membagi menjadi tiga zona dan masing-masing zona akan meluluskan satu juara zona per kategori. Sehingga nantinya, kami akan memiliki tiga juara zona per kategori yang akan bersaing di penjurian nasional," jelas Agus Dwi Handaya dalam konferensi kick-off WMM 2019 di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (2/8).

Selain diberlakukan penilaian zonasi, ada lima kategori yang akan diadu dalam kompetisi bertema 'Berani Muda, Berani Berkarya' tahun ini. Mulai dari industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi, mereka akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 2 Miliar. Yang perlu digaris bawahi, kesempatan tahun ini tidak hanya terbatas pada mahasiswa, tapi siapa saja yang rentang usianya dari 18 hingga 35 tahun, dengan minimal usaha 1 tahun dan omzet Rp 300 juta/tahun.

Bank Mandiri menargetkan peserta WMM tahun ini sebanyak 5.000 orang wirausaha muda kreatif, bertalenta juga inovatif. Seleksi peserta wirausaha muda dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 1-31 Agustus 2019. Informasi pendaftaran dapat di akses di website bmri.id/wirausahamandiri.

Penjurian zona akan dilakukan pada 24-26 September 2019, dan penjurian nasional pada 9 Oktober 2019. Di tingkat nasional, seluruh peserta wirausaha muda yang terpilih akan berhadapan dengan juri dari profesional muda seperti Nicholas Saputra. Sementara puncak acara penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 11 Oktober 2019 di Jakarta.

"Di samping juri yang merupakan public figure, salah satu keistimewaan program WMM yang ingin kami tawarkan adalah kesempatan untuk bergabung dalam komunitas  alumni WMM dan tentu saja, kemudahan mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha," kata Agus.

Jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri menjadi salah satu wirausaha muda dalam event ini. Selain bertemu dengan Nicholas Saputra, dorongan dari Bank Mandiri tidak hanya berhenti sampai di kompetisi. Kamu akan terus dibimbing karena Bank Mandiri turut mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti. Kelak di masa depan ide bisnismu tetap dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Potensi Resesi, Bank Mandiri Optimis Target Penyaluran Kredit Tercapai
Artikel Selanjutnya
Agen Bank Berperan Penting Dongkrak Pertumbuhan Kredit Mandiri