Sukses

Intip Kegiatan Menteri Jonan di Markas Freeport Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memimpin apel Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di area PT Freeport Indonesia (PTFI).

Pelaksanaan apel upacara di perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya dipimpin seorang Menteri sejak perusahaan ini beroperasi di Indonesia tahun 1967 silam, berdasarkan informasi yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Mengawali sambutannya, Menteri Jonan selaku inspektur upacara mengatakan bahwa kemerdekaan bukanlah sekadar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, namun juga melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa.

"Buah dari perjuangan para pejuang tersebut dapat kita nikmati dan wajib kita pertahankan dan kita kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Jonan seperti dikutip Antara, Minggu (18/8/2019).

Sebelumnya, Menteri Jonan juga menghadiri acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera dan Penandatanganan Naskah Upacara Bendera yang dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) di Mimika, Papua pada hari Jumat (16/8).

 

2 dari 4 halaman

Hadir Sejak Jumat Pagi

Dalam upacara pengukuhan tersebut, Jonan yang telah hadir di Tembagapura sejak hari Jumat pagi, mengingatkan para anggota Paskibra Tembagapura yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu untuk terus menjaga persatuan, kesatuan dan kebhinnekaan.

"Kita tetap satu Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Kita memang berbeda-beda, dari suku, kepercayaan, agama, dan tradisi. Tapi itu adalah kekayaan Indonesia, beragam namun ber-bhinneka," kata Jonan di hadapan para anggota Paskibra Tembagapura.

"Kita harus berpegang pada satu hal, yaitu ideologi kita, Pancasila," tambahnya lagi.

Dalam acara yang dihadiri oleh puluhan anggota Paskibra Tembagapura tersebut, Salah satu anggota paskibra, Ferdy Fernando Imingkawak (Nando) berdiri di hadapan para rekannya untuk membacakan janji paskibra. Dengan suaranya yang lantang, Nando membacakan tujuh janji Paskibra atau Sapta Prasetya Paskibra untuk kemudian diikuti oleh anggota Paskibra lainnya.

Nando adalah seorang siswa kelas 9 di Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Tembagapura. Selama hampir sebulan penuh, dia telah berlatih untuk menjadi pemimpin Pasukan 17 pada upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tembagapura hari ini (17/8). Bersama 62 siswa-siswi YPJ lainnya, Nando mengikuti berbagai latihan persiapan pengibaran bendera, seperti baris-berbaris hingga latihan kedisiplinan.

"Kebersamaan yang saya rasakan di sini tidak saya dapatkan di tempat lain. Ini akan saya kenang selamanya," ungkap Nando selepas upacara pengukuhan Jumat (16/3) sore.

 

3 dari 4 halaman

Upacara Bersejarah

Selain dihadiri oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan, acara pengukuhan ini juga turut dihadiri oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas. Dalam sambutannya, Tony turut menegaskan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

"Jadilah pengibar merah putih di setiap kehidupan kita. Merah berarti berani membela yang benar dan putih berarti mampu memperjuangkan keadilan sosial. Mari menjadi pengibar merah putih di dada masing-masing," ujar Tony.

Dalam kesempatan kunjungannya ke Tembagapura kali ini, Jonan juga bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan di lapangan Sports Hall Tembagapura, hari ini (17/8). Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang digelar di lingkungan kerja PT Freeport Indonesia ini adalah upacara pertama di Tembagapura yang dipimpin oleh seorang menteri Republik Indonesia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan Minta Pelaku Industri Gunakan PLTS
Artikel Selanjutnya
Proyek Migas Laut Dalam Ada di Tangan Menteri ESDM Baru