Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

JK Ingatkan Generasi Muda Bikin Startup yang Layak Jual

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebutkan, selain membangun marketplace, generasi muda juga harus berpikir bagaimana membuat nilai tambah saat membuat startup.

Hal itu ia sampaikan pada acara The Nation Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Satu Indonesia dengan tema Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital – Indonesia Maju di Istora Senayan siang ini.

"Ya sehebat apapun platform itu kalau tidak ada yang dijual, apa artinya, yang dijual itu sesuatu yang berbentuk, baju kah, kue kah, dan sebagainya, jadi harus ada, jangan berpikiran bahwa semua start up itu dengan platform saja. Harus ada yang memajukan produksi," tuturnya di Jakarta, Minggu (18/8/2019).

JK menjelaskan, Indonesia dapat meniru China yang cenderung efisien serta banyak melakukan inovasi dalam membangun industri atau bisnis di ekonomi digital.

"Dengan inovasi-inovasi, lihatlah China, Alibaba hebat karena industrinya hebat, kalau dia berdiri sendiri mana mungkin. Semua begitu, e-commerce begitu, di belakangnya ada suatu industri yang hebat," ujarnya.

"Jangan hanya fikirannya seperti Microsoft, seperti Facebook Twitter, itu hanya cara tapi tidak semua bisa dilaksanakan dengan cara begitu. Tetap saja intinya adalah nilai tambah, industri perkebunan, sesuatu yang bisa dijual," papar JK.

2 dari 3 halaman

Hadapi Tantangan dari Luar, JK: Perbaiki Sumber Daya Kita

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menjelaskan sejumlah tantangan yang akan dihadapi TNI dan Polri di masa mendatang. Tantangan itu mulai dari persaingan teknologi dan inovasi dalam berbagai bidang.

Hal itu disampaikan JK saat memberikan pembekalan dalam rangka kegiatan bersama (PKB) Kejuangan kepada Perwira Siswa Sesko TNI, Sespimti Polri, Sesko Angkatan Sespimmen Polri tahun 2019 di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

Menurut dia, persaingan teknologi alat utama sistem persenjataan dan inovasi dalam berbagai persaingan.

"Tantangan dari luar kita harus hadapi bersama-sama. Memperbaiki efisiensi, sumber daya kita. Yang menang ialah yang kuasai Inovasi, teknologi dan keuangan," kata JK.

JK meminta kepada TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan stabilitas nasional. Sebab ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh kondisi negara tersebut.

"Persaingan bukan hanya persaingan antarnegara, antardaerah, kemampuan persaingan kita di inovasi masa depan untuk menjaga bangsa ini tetap maju, tidak ada negara tanpa inovasi, ekonomi berkembang," kata JK.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Jusuf Kalla
  • JK
  • Startup
Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Purna Tugas, JK Diundang Wapres China ke Negaranya
Artikel Selanjutnya
JK Terkesan Wapres China yang Ahli Sejarah Perkembangan Islam