Sukses

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Ancol Gandeng Jakarta Tourism Forum

Liputan6.com, Jakarta - PT Taman Impian Jaya Ancol (Ancol) menjalin kerja sama dengan Jakarta Tourism Forum (JTF) dalam rangka mengembangkan pariwisata di wilayah DKI Jakarta. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Nyiur Resto Putri Duyung Ancol, Rabu 24 Juli 2019.

"Kami ingin turut membantu mewujudkan Jakarta sebagai destinasi wisata terdepan di Indonesia. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan JTF sebagai forum dengan misi yang sama," ungkap Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Agus Sudarno dalam sebuah keterangan tertulis, Kamis (25/7/2019).

Adapun isi dari perjanjian kerja sama tersebut adalah berupa joint promo untuk tiket Dunia Fantasi (Dufan), Ancol. Khusus anggota Jakarta Tourism Forum yang akan berwisata di Dufan, bisa menikmati diskon sebesar 10 persen dari harga yang berlaku.

Agus mengungkapkan, tujuan dari kerja sama ini adalah untuk lebih menginformasikan kepada masyarakat Jakarta bahwa Dufan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta yang patut dikunjungi.

"Pada tahun 2019, Dufan meluncurkan inovasi berupa kawasan baru seluas 3 hektare yang diberi nama Dunia Kartun. Pada kawasan ini terdapat tujuh wahana baru. Bahkan, salah satunya merupakan wahana pertama dan satu-satunya di Asia," ujar Agus.

2 dari 4 halaman

Pengunjung Ancol Naik 15 Persen Saat Libur Lebaran 2019

PT Taman Impian Jaya Ancol mencatat ada sekitar 478 ribu pengunjung yang mendatangi kawasan wisata, seperti pantai di Ancol, selama libur Lebaran pada 4-8 Juni 2019.

Jumlah pengunjung selama lima hari tersebut meningkat 15 persen dibandingkan dengan libur Lebaran pada periode sama tahun lalu.

Departement Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, menyampaikan peningkatan tersebut menandakan  banyak masyarakat masih menyukai destinasi wisata luar ruangan atau outdoor, khususnya pantai dalam menghabiskan waktu berliburnya.

"Tingginya jumlah pengunjung yang mendatangi kawasan wisata Ancol pada pekan libur Lebaran mengindikasikan bahwa tempat wisata luar ruang masih menjadi tujuan favorit liburan keluarga," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019). 

Menurut Rika, rekreasi atau berwisata merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani setelah rutin melakukan aktivitas pekerjaan.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memilih berlibur di alam terbuka, seperti pantai, dibanding mendekam di dalam ruangan.

"Pantai merupakan salah satu tujuan favorit wisata bagi masyarakat karena pantai dipercaya memiliki efek menenangkan dan menyenangkan," ujar Rika.

3 dari 4 halaman

Jumlah Pengunjung Ancol

Sebelumnya, libur Lebaran tentunya tempat wisata menjadi tujuan favorit para pengunjung salah satunya kawasan pantai Ancol.

PT Taman Impian Jaya Ancol melaporkan selama libur Lebaran mulai dari 4-8 Juni 2019, jumlah pengunjung mencapai 478.140 orang. Angka ini meningkat 15 persen dibandingkan dengan saat musim Lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 415.937 orang.

Memasuki akhir pekan libur Lebaran, animo masyarakat untuk berlibur di Pantai Ancol kian meningkat. Sejak H-1 hingga H+3 Lebaran kemarin, jumlah pengunjung semakin meningkat. Bahkan pada hari ini, jumlah pengunjung pada hari ini mencapai 94.574 orang.

Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan sebagian besar jumlah pengunjung memilih untuk mengunjungi kawasan pantai.

"70 persen dari jumlah pengunjung memilih kawasan pantai, setelah itu Dufan, Atlantis, Sea World," jelas Rika.

Rika juga menambahkan wisata pantai dipilih karena harga tiket masuknya yang terjangkau yaitu sebesar Rp 25 ribu per orang. Harga ini sama seperti hari-hari sebelum libur Lebaran.

Selain itu, tingginya antusias pengunjung diperkirakan karena banyak wahana baru yang ada. Salah satunya seperti yang ada di kawasan Dufan.

Terdapat tujuh wahana baru yang terletak di kawasan Dunia Kartun juga dapat dinikmati dan jadi pelengkap rekreasi di unit rekreasi yang dikenal dengan wahana-wahana ekstrem yang memacu adrenalin.

Dengan hadirnya kawasan dan wahana baru tersebut, jumlah wisatawan yang memasuki kawasan Dunia Fantasi meningkat hingga 11 persen dibandingkan tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ancol Berikan Liburan Gratis 170 Ribu Ketua RT/RW di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Konser 17-an Indosiar jadi Ajang Lepas Kangen Penggemar Setia Band