Sukses

Musim Haji 2019, BNI Syariah Bidik 95 Ribu Nasabah Baru

Pada musim haji 2019 ini, BNI Syariah memiliki dua promo dengan menggunakan Kartu ATM Haji dan Umroh Indonesia BNI Syariah.

Liputan6.com, Jakarta - BNI Syariah menargetkan 95 ribu pendaftar haji baru selama 2019. Pendaftar haji baru ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah nasabah dan tabungan haji BNI Syariah.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah Dhias Widhiyati mengatakan, pada musim haji 2019 ini, Perseroan memiliki dua promo dengan menggunakan Kartu ATM Haji dan Umroh Indonesia BNI Syariah.

“Promo pertama adalah gratis biaya administrasi satu kali tarik tunai di ATM Saudi Arabia. Promo kedua adalah potongan harga 10 persen bakso GraPARI di Makkah dan Madinah bagi jemaah haji regular," tuturnya Jumat (19/7/2019).

Selain itu, Perusahaan juga hadir di beberapa embarkasi pemberangkatan haji untuk penukaran Riyal dan pembukaan tabungan BNI Baitullah iB Hasanah dan ATM Haji dan Umroh Indonesia.

Dia menjelaskan, jemaah haji 2019 BNI Syariah untuk haji regular sebanyak 29.112 dan haji khusus 2.211. Untuk mengoptimalkan bisnis haji dan umroh pada 2019 ini, Perseroan setidaknya menyiapkan empat strategi.

Empat strategi ini ialah pertama melakukan campaign Indonesia Berhaji untuk melakukan edukasi perencanaan haji sejak dini. Kedua adalah memaksimalkan channeling BNI untuk penerimaan setoran awal Haji dan pembukaan Tabungan Haji Indonesia melalui Sharia Channeling Office (SCO).

"Ketiga adalah melakukan kerjasama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan strategi terakhir adalah memaksimalkan promosi dan marketing Kartu ATM Haji & Umroh Indonesia BNI Syariah," paparnya.

Sebagai informasi, pemberangkatan jemaah haji Indonesia pada tahun ini dibagi menjadi dua gelombang. Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang 1 dilakukan pada 6 Juli 2019-19 Juli 2019. Sedangkan untuk gelombang 2 dilakukan pada 20 Juli 2019 – 5 Agustus 2019.

Masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan haji sebagai rukun Islam kelima sejak dini mengingat masa tunggu haji reguler yang beragam di berbagai provinsi antara belasan tahun sampai puluhan tahun.

Untuk mempersiapkan ini anak-anak usia 0 tahun dapat dibukakan tabungan haji. Selain itu, anak usia 12 tahun juga dapat didaftarkan porsi haji jika saldo tabungan haji sudah mencapai Rp 25 juta. Pendaftaran porsi haji dapat dilakukan ke kantor Kementerian Agama sesuai KTP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BNI Syariah Incar Potensi Bisnis Perawatan dan Kesehatan

BNI Syariah melihat potensi bisnis industri halal termasuk halal healthcare atau perawatan kesehatan cukup besar. Hal ini seiring dengan jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia yang semakin meningkat. 

Dengan pertumbuhan kelas menengah Muslim di Indonesia telah mendorong berkembangnya industri-industri terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat muslim, di antaranya yaitu Islamic Fashion, halal food, haji dan umrah, halal tourism, islamic education, Ziswaf serta kesadaran pentingnya aspek kehalalan dalam sektor kesehatan. 

BNI Syariah pun turut serta dalam 2nd International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) pada 21-23 Maret 2019 di Jakarta Convention Center. 

Acara ini diselenggarakan oleh perhimpunan rumah sakit Islam Indonesia yaitu mukisi (Majlis Upaya Kesehatan Islam Indonesia) yang akan dihadiri 1.000 orang peserta dari seluruh nusantara. 

Ketua Umum MUKISI, Masyhudi AM mengatakan dalam acara ini diselenggarakan seminar dan workshop yang mengangkat isu diferensiasi pelayanan kesehatan islam dan kolaborasi potensi umat. 

"Ada sembilan agenda yang akan dibahas," kata Masyhudi, Kamis (21/3/2019), seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Sembilan agenda ini adalah seminar, workshop, pameran, pertemuan tahunan asosiasi rumah sakit Islam, rapat kerja mukisi, seleksi papers, award, tabligh akbar dan ukhuwah.  Dalam acara ini juga dilaksanakan program cepat umroh BNI Syariah.

Program ini merupakan program pembiayaan umroh yang ditujukan bagi dokter dan staff rumah sakit syariah. Pembiayaan ini dapat diangsur dengan jangka waktu tertentu.

3 dari 3 halaman

Mudahkan Masyarakat Berangkat Umrah

Melalui progam ini, BNI Syariah berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berangkat umrah lebih cepat, aman, dan nyaman.

Ketua Panitia 2nd IHEX 2019, Burhanuddin HD menjelaskan dalam acara ini akan dibahas mengenai kebangkitan rumah sakit syariah di Indonesia.

"Selain itu, dalam acara ini juga dibahas terkait dengan sertifikasi rumah sakit syariah dan update perkembangan teknologi pelayanan kesehatan yang berjalin produk halal yaitu Islamic healthcare dan halal product," kata Burhanuddin. 

Dalam kesempatan ini, Pemimpin Divisi Dana Retail BNI Syariah, Bambang Sutrisno berharap kerja sama BNI Syariah dengan mukisi dapat meningkatkan pertumbuhan ekosistem halal di Indonesia. Semoga ke depan akan semakin banyak rumah sakit syariah yang bekerjasama.

"Kerja sama ini terkait dengan bisnis pembiayaan dan pendanaan," kata Bambang.

Hingga kini, total rumah sakit dan insititusi pendidikan kesehatan yang sudah menjadi anggota MUKISI sebanyak 263.

Potensi bisnis dari kerjasama BNI Syariah dengan perhimpunan rumah sakit Islam Indonesia ini adalah pembiayaan modal kerja/investasi untuk pembangunan, pengembangan rumah sakit serta pembelian alat kesehatan. 

Selain itu dari kerja sama bisnis ini juga ada potensi pendanaan terutama dana murah dari giro/deposito dan virtual account pegawai rumah sakit.  Saat ini ada lebih dari 10 Rumah Sakit Islam anggota MUKISI yang telah menjadi nasabah BNI Syariah dengan total penempatan dana sebesar Rp 300 miliar.

Sebanyak 10 Rumah Sakit Islam ini di antaranya adalah RS Sultan Agung, RS Permata Cirebon, RSI Jakarta Pondok Kopi, RSI Jakarta Sukapura, RS Haji Jakarta, RS Muhammadian Lamongan, RS PKU Muhammadiah Yogyakarta dan tiga RS di Aceh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.