Sukses

Punya Modal Berlimpah, Pemerintah Siap Kembangkan Wisata Sulawesi Utara

Seluruh potensi wisata di utara Sulawesi itu juga harus ditunjang oleh fasilitas infrastruktur yang memadai.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong pengembangan potensi wisata di kawasan pinggiran Indonesia. Salah satunya di wilayah Sulawesi Utara. Daerah tersebut kaya akan sajian alam berupa pemandangan laut yang indah seperti di Bitung dan Pulau Bunaken.

"Manado, Bitung, Pulau Bunaken, Pulau Lembeh, dan Pantai Likupang menjadi topik bicaraan Presiden @Jokowi dengan kami menteri di Kabinet Kerja," ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di akun resmi Instagramnya, Jumat (5/7/2019).

Dalam unggahan @Budikaryas, ia menuliskan, Sulawesi Utara diberkahi banyak modal pariwisata yang menjanjikan. Mulai dari keindahan alam hingga sajian kuliner lokal yang menggugah lidah.

 

"Tentang pariwisata yang sangat potensial, pemandangannya indah, orang-orangnya ramah, kulinernya oke banget, jadi modal yang luar biasa," ujar dia.

Namun, seluruh potensi wisata di utara Sulawesi itu juga harus ditunjang oleh fasilitas infrastruktur yang memadai. "Infrastruktur harus secara khusus mensupport," tegas dia.

Mengamini pernyataan Budi Karya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu juga sempat mengatakan, pemerintah hingga 5 tahun ke depan tetap akan berfokus melanjutkan pembangunan infrastruktur di samping meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jadi tetap masih ada RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), terus ada infrastruktur. Jadi visi Presiden (Jokowi), selain peningkatan SDM, tetap mendampingi pembangunan infrastruktur," ucap Menteri Basuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Gelar Rabat Kabinet di Atas Kapal Menuju Bunaken

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat kabinet terbatas di atas kapal laut saat berkunjung ke Bunaken, Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini diketahui dari foto yang diunggah di akun instagram Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Rapat kabinet di atas kapal menuju Bunaken untuk meningkatkan wisatawan ke Sulawesi Utara," tulis Pramono Anung, di instagram prbadinya, @pramonoanungw, Jumat (5/7/2019).

 

Dalam foto tersebut, tampak Jokowi yang mengenakan baju pelampung tengah duduk di atas kapal bersama Menteri Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ada pula, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi SP serta Gubenur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Jokowi berharap, potensi pariwisata yang ada di wilayah Bunaken terus dirawat dan dipelihara dengan baik. Menurut dia, lokasi tersebut dapat menjadi salah satu kekuatan pariwisata terbesar di Sulawesi Utara di masa mendatang.

"Saya kira ini potensi yang sangat baik, tapi memang harus dirawat dan dijaga jangan sampai sampah plastik masuk ke sini. Dulu banyak, sekarang tadi saya lihat sudah (bersih) karena rutin dari pemerintah daerah selalu membersihkan sampah-sampah lautnya," ujar Jokowi berdasarkan siaran pers dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Jumat (5/7/2019).

Jokowi memastikan pemerintah pusat langsung bergerak untuk menjadikan salah satu kawasan wisata tersebut lebih tertata dan terintegrasi.

Ke depannya, destinasi wisata bawah laut tersebut diperkirakan akan jauh lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan asing, seiring dengan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata Sulawesi Utara oleh pemerintah sehingga memerlukan perencanaan yang matang.

"Ini mau dibuat perencanaan dulu untuk membuat klaster-klaster sehingga penduduknya di sebelah mana jelas, tempat wisata di mana jelas, area konservasinya di mana juga jelas," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini