Sukses

Creativepreneur Fellexandro Ruby Berbagi Kunci Sukses Kembangkan Karier

Bagi milenials yang menginjak usia 20-an, Anda harus sudah mulai berpikir untuk kehidupan di usia 30 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Berusia 32 tahun, Fellexandro Ruby kini nyaman menyandang sebutan sebagai Creative Entrepreneur. Sebelum nyaman dengan posisi ini, Ruby mengaku telah mencoba 9 pekerjaan dengan posisi yang kesemuanya sangat berbeda.

Ruby menjelaskan, sebelum nyaman dengan posisi ini, ada sejumlah tips yang ia sampaikan hingga akhirnya menemukan passion (hasrat) dalam menjalani pekerjaan.

"Boleh bereksperimen dalam karier. Yang penting, kalian juga harus set target, mau berapa lama coba ini-itu, hipotesa apa yang mau di tes," tuturnya dalam acara Bukatalks Tie-in Your Passion di Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

"Yang banyak salah berbicara passion itu orang seringkali fokus sama industrinya bukan activity-nya. Misal, kamu suka games, games bagian apanya? Codingnya? Cari kata kerjanya," tambah dia.

Selain itu, dia menyarankan, bagi milenial yang menginjak usia 20-an, Anda harus sudah mulai berpikir untuk kehidupan di usia ke-30.

"Lakukan hal-hal yang memang nanti pas ketika usia 30, Anda tidak merasa menyesal. Jadi tidak buang-buang waktu," kata dia.

Dia menekankan, ada baiknya mulai berpikir kontribusi apa yang bisa Anda berikan bagi kehidupan orang lain atau lingkungan terdekat Anda.

"Apa yang kamu tabur itu pasti yang kamu tuai. Jadi saya mulai berpikir bagaimana meninggalkan legacy. Jadi ketika waktu saya sudah habis, saya nggak ada penyesalan, sudah buat dunia lebih baik," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Bangun Jejaring dari Manajer Artis Sulung Landung

Membangun jejaring atau networking ketika berkarier merupakan hal yang gampang-gampang susah. Banyak teori yang disebutkan, tetapi tak lengkap jika tak belajar langsung dari yang berpengalaman.

Salah satu manajer artis bertangan dingin yakni Sulung Landung membeberkan kunci sukses membangun networking dalam hubungan kerja.

Informasi saja, Sulung Landung banyak membawahi artis-artis besar Tanah Air, seperti Dion Wiyoko, Vino G Bastian, Julie Estelle, Adinia Wirasti hingga nama-nama besar pekerja seni lainnya. 

Satu yang paling terutama menurut Sulung, kunci membangun jejaring ialah jangan pernah berpikir untung-rugi. Kata dia, orang sekali berpikir keuntungan saja dan jadi malas membuka diri untuk bergaul.

"Kalau datang ke acara, atau event-event tertentu itu jangan pernah berpikir untung buat kita apa. Networking itu bukan transaksional semata, tapi bagaimana membangun relasi," tuturnya dalam acara diskusi BukaTalks Tie-in Your Passion di Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

"Kita enggak pernah tahu habis ketemu seseorang justru ada opportunity untuk collabs," lanjut dia. 

Memulai semuanya dari nol, Sulung mengaku menyaksikan diri bagaimana hubungan yang tulus dan berkesinambungan membawa dirinya pada banyak kesempatan.

"Dulu Dion Wiyoko pernah di-approach sama film pendek. Budgetnya sangat kecil sekali, boro-boro ada sepertiga bayarannya. Tapi akhirnya kita ambil karena jalan ceritanya bagus. Dan benar, dari sana Dion malah mendapatkan iklan. Jadi banyak aspek yang perlu dilihat," ujarnya.

"Jadi perlu diketahui bahwa artis-artis ini memang ada project komersial yang memang harus ada di mereka. Tapi juga ada yang disebut project indie, yakni yang duitnya enggak banyak atau bahkan engggak ada sama sekali. Lantas, kenapa kita ambil? Karena kita suka," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini