Sukses

Mau Liburan tapi Tetap Hemat di Akhir Pekan Ini? Simak 6 Tips Berikut

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk liburan. Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar saat berlibur malah membuat mereka begitu boros dan hingga akhirnya, saat liburan usai dompet otomatis langsung kosong.

Namun sebenarnya, liburan tidak seharusnya membuat Anda boros dan kehilangan banyak uang. Mau tahu bagaimana caranya?

Berikut 6 hal yang harus Anda lakukan jika ingin liburan tetap hemat saat akhir pekan ini seperti dilansir dari laman Discover:

1. Melakukan Pemesanan Hotel saat Menit-Menit Terakhir

Memesan tiket pesawat atau kereta untuk berlibur dari jauh-jauh hari memang cara yang tepat. Namun, ini tidak berlaku bagi hotel.

Jika Anda berencana untuk menginap maka Anda harus memesan kamar hotel di akhir waktu pemesanan karena biasanya beberapa pihak hotel akan memberikan potongan harga agar kamar hotelnya penuh saat akhir pekan.

2. Seringlah Cari Promo Potongan Harga Hotel

Jika Anda tidak bisa memesan kamar hotel pada saat-saat akhir, maka ada cara lain yang dapat dilakukan. Mulailah untuk selalu mencari dan memantau promo-promo menarik yang ada pada situs pencarian hotel.

Dengan begini, tentunya akan memangkas pengeluaran Anda selama liburan di akhir pekan.

 

2 dari 3 halaman

3. Perpanjang Waktu Liburan

Pikirkan untuk memperpanjang waktu liburan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik dan mendapatkan bonus menginap dari pihak hotel.

Sebab, biasanya beberapa hotel akan memberikan bonus gratis menginap sehari apabila Anda menginap selama tiga hingga lima hari lamanya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tiket tranportasi yang murah karena pergi pada hari kerja.

4. Jangan Melakukan Pemesanan pada Jumat

Jika Anda terbiasa melakuka pemesanan hotel ataupun tiket transportasi saat Jum'at, maka ubahlah kebiasaan tersebut.

Mengapa? Karena pada hari Jumat, harga tiket transportasi dan hotel cenderung akan lebih tinggi. Anda bisa mulai memesan dari hari Sabtu hingga Senin, dibandingkan memesan dari Jumat hingga Minggu.

 

3 dari 3 halaman

5. Jangan Terpaku pada Rating

Sering kali dari kita, cenderung melihat dan memesan kamar hotel dari ratingnya. Namun ternyata hal ini tidak benar, mengapa? Karena biasanya rating 3 dan 3,5 tidak ada banyak perbedaannya.

6. Pilihlah Destinasi yang Dekat

Mungkin poin terakhir ini, menjadi salah satu poin yang sangat tepat untuk Anda lakukan. Jika Anda tetap ingin hemat meskipun berlibur maka berliburlah ke tempat yang dekat sehingga tidak memerlukan biaya penginapan dan tiket transportasi yang mahal.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Libur Lebaran Menyenangkan di Jogja, Dijamin Bikin Kangen