Sukses

Indonesia Tawarkan Pesawat Buatan PTDI ke Argentina

Pemerintah Indonesia menawarkan pesawat terbang produksi PT Dirgantara Indonesia ke Argentina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menerima kunjungan kerja Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti. Kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan kerjasama perekonomian kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah Indonesia menawarkan pesawat terbang produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI), khususnya jenis CN 212 dan N 219. Pesawat tersebut akan difungsikan sebagai possible replacement dari berbagai pesawat di kelas sama yang saat ini dioperasikan di Argentina.

Menko Darmin mengatakan, selain pesawat, Indonesia dan Argentina juga berupaya dalam meningkatkan kerja sama pertanian. Hal ini untuk mengembangkan sektor pertanian bagi kesejahteraan penduduk kedua negara, khususnya menjamin ketahanan pangan (food security) yang berkelanjutan.

"Saya menyambut baik dan mendorong implementasi segera Kerja Sama Pertanian kedua negara untuk membuka akses pasar produk hortikultura Indonesia. Serta, kerja sama mekanisasi pertanian, melalui transfer teknologi alat mesin pertanian Argentina ke Indonesia," ujar Menko Darmin saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Menko Darmin melanjutkan bahwa terdapat momentum positif setelah Indonesia sukses menggelar Pemilu serentak bulan lalu sehingga hal tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi. Pada 2019 diperkirakan, pertumbuhan ekonomi dapat meningkat menjadi 5,3 persen, dan stabil pada kisaran 5,3-5,6 persen di 2020.

"Dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi 5,6 persen di 2020, salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah mendorong ekspor ke pasar non-tradisional, termasuk ++Amerika Selatan seperti Argentina," jelas Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan ini antara lain Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Bocalandro, Duta Besar Indonesia untuk Argentina Niniek Kun Naryatie dan Menteri Pertanian, Peternakan dan Perikanan Argentina Guillermo Bernaudo.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.