Sukses

Catat! 4 Cara Ini Bantu Kamu Diet Uang saat Bulan Puasa

Empat hal ini dapat bantu Anda kelola keuangan dengan baik saat bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan puasa hakikatnya utuk menahan diri dari segala hal yang buruk salah satunya, boros. Namun sayangnya, pengeluaran keuangan saat bulan puasa malah cenderung lebih meningkat karena barang-barang kebetuhan malah naik.

Tidak hanya itu saja, sebagian orang juga masih belum bisa menahan diri untuk tidak belanja secara berlebihan dan akhirnya uang akan begitu cepat habis tanpa disadari.

Namun hal ini sebenarnya tidak harus terjadi jika Anda mengetahui cara terbaik untuk mengelola keuangan. Mau tahu apa saja yang harus Anda lakukan?

Berikut cara terbaik untuk diet uang selama bulan puasa dikutip Halomoney:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Perketatlah saat Belanja Dapur

Jika Anda ingin konsisten menahan diri untuk tidak boros selama bulan puasa, maka mulailah perhatikan lagi saat berbelanja bulanan untuk kebutuhan dapur. Janganlah terlalu berlebhihan dalam menyiapkan menu berbuka atau saat santap sahur.

Untuk itu, susunlah menu berbuka puasa dan bersahru selama sebulan penuh. Ini akan membuat Anda lebih hemat dan lebih terkontrol untuk membeli sesuatu.

 

3 dari 5 halaman

2. Perhatikan juga Kebutuhan Lebaran

Lebaran menjadi puncak pengeluaran selama bulan Ramadan. Banyak orang yang begitu tidak sadar dan tidak terkendali saat berbelanja untuk kebutuhan lebaran, hanya ingin dilihat menarik saat Lebaran. Namun hal ini seharusnya dihindari, karena hakikatnya lebaran harus dirayakan dengan penuh hikmat dan kesederhanaan.

Untuk itu, pilah kembali hal-hal yang akan Anda beli untuk kebutuhan lebaran. Belilah yah memang dibutuhkan bukan Anda inginkan.

 

4 dari 5 halaman

3. Jangan Lupa, Perhatikan Kembali Keperluan Mudik

Mudik menjadi tradisi khas orang Indonesia saat lebaran. Tentunya, mudik juga membutuhkan pengeluaran yang cukup besar mulai dari uang akomodasi dan transportasi, bekal makanan selama perjalanan, hingga kebutuhan tak terduga saat mudik.

Untuk itu, perhatikan kembali hal-hal apa saja yang Anda butuhkan saat mudik. Buatlah daftarnya agar ketika membeli Anda tidak diluar kendali. Ingat! jangan beli yang Anda mau tapi belilah yang dibutuhkan.

 

5 dari 5 halaman

4. Gunakanlah THR Sebaik Mungkin

Uang Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi angin segar menjelang lebaran. Namun sayangnya, banyak orang yang malah semakin menggila berbelanja saat mendapatkan THR. Padahal, THR tersebut bisa menjadi tabungan yang dapat membantu Anda setelah hari raya.

Untuk itu, pergunakanlah uang THR sebijak mungkin, jika memang saat ini uang tersebut tidak terlalu Anda butuhkan maka tabunglah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.