Sukses

5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bikin Anda Boros di Bulan Puasa

Lima kebiasaan ini tanpa disadari buat Anda sangat boros saat bulan puasa. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak beranggapan jika bulan puasa akan lebih membuat uang hemat karena tidak harus mengeluarkan uang makan di siang harinya, namun hal ini tidak selamanya benar. Mengapa`?

Pasalnya momen berpuasa kadang dijadikan bulan untuk berkumpul bahkan reuni dengan cara 'buka puasa bersama'. Tidak jarang juga, banyak yang akan memberikan award pada diri sendiri secara berlebihan ketika dapat menuntaskan ibadah ini.

Sehingga ketika bulan puasa berakhir, tanpa sadar uang dan bahkan tabungan Anda juga ikut berakhir. Mau hal ini tidak terjadi pada Anda?

Jika iya, maka hindarilah beberapa hal ini agar keuangan Anda tetap aman selama bulan puasa, seperti dilansir dari Tunaiku:

1. Lapar Mata

Hati-hati saat waktu berbuka puasa tiba. Pasalnya, tanpa disadari ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang akan membuat Anda boros. Mengapa? Karena saat berburu menu berbuka Anda merasa semua makanan begitu menggoda gairah makan sehingga membuat Anda membeli semuanya.

Jangan sampai kalap karena lapar mata. Buatlah daftar periodek menu berbuka puasa. Jadi, ketika sedang berburu menu berbuka, Anda sudah tahu apa saja yang ingin dibeli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hobi Buka Puasa Bersama

Tentu bulan puasa juga akan menjadi ajang untuk reuni. Tidak heran, nanti akan banyak teman semasa sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, kuliah bahkan hingga teman kantor pun akan mengajak Anda untuk berbuka bersama.

Berbuka bersama-sama memang lebih mengasyikan, namun jangan terlalu hobi buka puasa bareng ini akan buat kantong bisa jebol. Untuk itu, selektiflah untuk datang ke acara buka puasa bersam yang Anda inginkan.

3. Terjebak di Lautan Diskon

Hati-hati jika Anda sedang berada di pusat perbelanjaan, karena tentunya akan banyak gerai yang menawarkan potongan harga hingga promo-promo menarik selama bulan ini. Apalagi menjelang hari raya tiba.

Jangan hanya karena promo atau diskon lalu Anda seenaknya membeli. Perhatikan dan pastikan kembali apakah barang tersebut Anda butuhkan atau tidak. Jangan pakai dalil "mumpung murah, beli ah," jika Anda terus seperti ini maka sama saja akan membuat kantong Anda jebol.

 

3 dari 3 halaman

4. Beli Baju untuk Lebaran

Ini menjadi hal yang begitu rutial hingga seolah-olah semua orang berpikir "enggak lebaran, kalau enggak pakai baju baru," Cobalah untuk menghilangkan stigma ini secara perlahan.

Jika baju lebaran tahun lalu Anda masih bagus dan layak digunakan maka janganlah membelinya lagi. Namun, jika tidak belilah jauh-jauh sebelum puasa karena harganya akan jauh lebih murah dibandingkan saat puasa.

5. Pesta Kembang Api

Tidak hanya saat tahun baru saja, kembang api juga menjadi idola saat bulan Ramadan. Meriah memang ketika kembang api ada, namun pikirkanlah kembali saat Anda ingin membeli benda satu ini. Karena sama saja Anda membakar uang Anda hanya untuk membeli kembang api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini