Sukses

Vokasi UGM dan PLN Sepakat Lakukan Kerja Sama Ikatan Dinas

Liputan6.com, Yogyakarta - Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) menandatangani kesepakatan bersama PLN untuk melakukan kerja sama ikatan dinas. Program ini merupakan bagian dari kebijakan link and match UGM agar membantu peserta didik terjun ke dunia industri.

Kesepakatan yang dimaksud adalah Penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma Empat (D-IV) Ikatan Dinas di bidamg elektro atau listrik. Dengan ini maka PLN bisa terlibat dalam penyusunan kurikulum dan memperbanyak kesempatan magang mahasiswa D-IV UGM di bidang elektro.

“Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mempersiapkan sejak dini bibit unggul PLN dalam memajukan energi kelistrikan di Indonesia,” ujar Dekan SV UGM Wikan Sakarinto dalam pernyataan yang diterima Liputan6.com, Jumat (26/4/2019).

Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani oleh Wikan dan Direktur Human Capital Management Muhamad Ali yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Karyawan Aji selaku Executive Vice President Talent Development PT PLN (Persero).

Aji menyebut program ini memiliki standar yang ketat. IPK mahasiswa D-IV UGM prodi ini akan diawasi dan evaluasi akan dilakukan secara rutin.

"Secara berkala, PLN serta SV akan melakukan evaluasi terhadap mahasiswa dengan memantau setiap pencapaian prestasi akademik, dan mereka akan dinyatakan gugur jika IPK dibawah 2,75," ujar Aji yang berharap mahasiswa bisa beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang serta big data.

Para mahasiswa yang tertarik pada program ini harus telah terdaftar dahulu sebagai mahasiswa SV UGM. Adapun proses seleksi yang wajib diikuti oleh peserta meliputi psikotes, tes kesehatan dan tes wawancara.

Apabila lolos, mahasiswa akan mempelajari segala hal sehingga nantinya dengan kompetensi yang cukup, mereka bisa diterima menjadi bagian dari PLN. Program kerja sama ini akan dijalankan dari tahun akademik 2019/2020 sampai 2021/2022.

2 dari 4 halaman

Sarjana Terapan bidang Teknologi Rekayasa Elektro.

Wikan menjelaskan, program ini sebenarnya sudah berjalan lebih dari 4 tahun, di mana sebelumnya bekerja sama dengan prodi D-3 Teknik Elektro / Teknologi Listrik SV UGM. Mulai tahun ini, prodi tersebut telah dikembangkan menjadi Sarjana Terapan bidang Teknologi Rekayasa Elektro.

“Harapannya dengan program ini, kami bisa mendapatkan talenta-talenta terbaik generasi bangsa dalam memajukan kelistrikan Indonesia yang tantangannya semakin besar," ujar Aji.

3 dari 4 halaman

Daftar Prodi Sarjana Terapan UGM

Daftar Program Studi Sarjana Terapan (S.Tr.) yang dibuka:

1. S.Tr. Teknologi Rekayasa Mesin

2. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat

3. S.Tr. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

4. S.Tr. Teknologi Rekayasa Internet

5. S.Tr. Teknologi Rekayasa Elektro

6. S.Tr. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

7. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

8. S.Tr. Manajemen Informasi Kesehatan

9. S.Tr. Manajemen dan Penilaian Properti

10. S.Tr. Perbankan

11. S.Tr. Akuntansi Sektor Publik

12. S.Tr. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

13. S.Tr. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

UGM menjelaskan, gelar sarjana akan disesuakan dengan bidang masing-masing. Misalnya untuk program Sarjana Terapan Di bidang teknik, maka gelar lulusannya yaitu S.Tr.T.

Bagi yang ingin melanjutkan menimba ilmu, mereka pun bisa meneruskan ke program studi Magister (S2) Terapan, baik di kampus-kampus di dalam maupun luar negeri.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Viral Foto Mahasiswi Pengurus UKM UGM Diblur, Ini Kata Kampus
Artikel Selanjutnya
UGM Menempati Peringkat Ketiga Universitas Terbaik di Asia Tenggara