Sukses

Mahasiswa Sarjana Terapan UGM Bisa Magang di Luar Negeri

Setelah lulus, para peserta tidak hanya menerima ijazah dari sekolah vokasi UGM, tetapi juga sertifikasi kompetensi dari industri dan asosiasi profesi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka program Sarjana Terapan. Program ini didesain bagi mereka yang memiliki minat untuk berkarier di sektor industri.

Keunggulan dari program ini adalah sinergi antara UGM dan dunia industri dalam bentuk link and match, sehingga para peserta didik dapat terbantu dalam berkarier. Pada semester akhir, para mahasiswa juga dapat magang di industri dalam maupun luar negeri.

"Pada semester akhir mahasiswa akan melakukan kerja magang di industri baik dalam maupun di luar negeri. Ketika lulus, lulusan disetarakan lulusan S1, dan ketika memutuskan untuk studi lanjut akan melanjutkan ke program studi S2 terapan," Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Minggu (21/4/2019). 

Ia menjelaskan program ini terdiri atas 60 persen praktik dan 40 persen teori. Kurikulum juga dibuat lewat kolaborasi antara UGM dan industri. 

"Dosen pengajar separuh dari Sekolah Vokasi UGM dan sisanya dari industri," ucap Wikan. 

Setelah lulus, para peserta tidak hanya menerima ijazah dari sekolah vokasi UGM, tetapi juga sertifikasi kompetensi dari industri dan asosiasi profesi.

"Apabila anda memiliki passion pada practical knowledge dan keterampilan, maka Sekolah Vokasi UGM merupakan tempat yang tepat untuk anda," ucap Wikan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Program

Daftar Program Studi Sarjana Terapan (S.Tr.) yang dibuka:

1. S.Tr. Teknologi Rekayasa Mesin

2. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat

3. S.Tr. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

4. S.Tr. Teknologi Rekayasa Internet

5. S.Tr. Teknologi Rekayasa Elektro

6. S.Tr. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

7. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

8. S.Tr. Manajemen Informasi Kesehatan

9. S.Tr. Manajemen dan Penilaian Properti

10. S.Tr. Perbankan

11. S.Tr. Akuntansi Sektor Publik

12. S.Tr. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

13. S.Tr. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

UGM menjelaskan, gelar sarjana akan disesuakan dengan bidang masing-masing. Misalnya untuk program Sarjana Terapan Di bidang teknik, maka gelar lulusannya yaitu S.Tr.T. 

Selengkapnya, klik di sini untuk mendapat informasi terkait jalur penerimaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.