Sukses

Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Barang Black Market

Liputan6.com, Jakarta - Black Market (BM) atau istilahnya pasar gelap menjadi wadah tersendiri bagi orang-orang yang menginginkan berbagai produk luar negeri yang sebagian besar tidak dijual resmi di Indonesia.

Berbagai produk diperjual belikan di pasar ilegal ini, termasuk gadget yang menjadi salah satu produk terpopuler di antara yang lainnya.

Sesuai dengan namanya, produk-produl yang dijual di black market memang ilegal dan tidak memiliki izin resmi untuk dipasarkan di dalam negeri.

Kondisi seperti ini bisa terjadi akibat banyak hal, termasuk perizinan dan kebijakan pemerintah yang cukup ketat terkait dengan masuknya produk luar ke Indonesia. Namun jangan salah, kualitas produk di black market juga tak kalah bagus.

Inilah salah satu alasan mengapa pasar black market seolah tidak pernah sepi peminat. Jika Anda berniat untuk membeli barang black market, pastikan Anda memahami dengan baik berbagai kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan.

Hal ini penting, untuk menghindari berbagai masalah dan kerugian atas pembelian yang dilakukan. Seperti dikutip dari Cermati.com, inilah kelebihan dan kekurangan barang black market yang harus diketahui sebelum membelinya.

1. Bisa Mendapatkan Barang Berkualitas

Bagi mereka yang sudah terbiasa berbelanja di black market, mengenali dan membeli berbagai produk berkualitas baik tentu bukan masalah lagi.

Berbagai produk gadget misalnya, yang dipasarkan di black market dan dibuat di negara asalnya, biasanya memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada gadget dengan brand dan seri yang sama tapi dibuat di Indonesia.

2 dari 7 halaman

2. Bisa Peroleh Harga yang Lebih Terjangkau

Harga menjadi pertimbangan banyak orang untuk memilih barang black market, terutama jika Anda menginginkan gadget canggih dengan spesifikasi mumpuni yang harganya sangat tinggi. Perbedaan harga ini biasanya karena gadget black market tidak kena pajak saat masuk ke Indonesia.

3. Mendapatkan Seri Lokal dengan Spesifikasi Luar Negeri

Saat Anda membeli gadget black market dari luar negeri secara online, maka bisa saja Anda mendapatkan produk yang berbeda dengan yang beredar di dalam negeri, meskipun masih dari merek dan juga seri yang persis sama.

Hal seperti ini sangat mungkin terjadi, sebab pabrikan gadget biasanya menyesuaikan spesifikasi produk mereka dengan teknologi yang ada di masing-masing negara yang menjadi target pasarnya. Artinya, jika Anda beli gadget dari luar negeri, maka Anda bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih canggih dari versi dalam negerinya.

3 dari 7 halaman

4. Mendapatkan Produk Sebelum Dipasarkan Resmi di Indonesia

Jadwal release gadget bisa saja berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Hal ini bisa membuat Anda harus menunggu lama untuk mendapatkan gadget idaman yang sudah lama diincar.

Daripada menunggu lama, membelinya melalui black market tentu bisa dipertimbangkan. Anda bisa mendapatkan gadget idaman dan memakainya saat orang lain belum memilikinya.

5. Dilengkapi Berbagai Fitur Luar Negeri

HP yang dipasarkan resmi di sebuah negara tentu dibuat sesuai dengan kebutuhan dan juga ketersediaan teknologi pendukung di negara tersebut.

Jika Anda membeli gadget black market yang dibuat untuk pasar luar negeri, maka Anda juga akan sekaligus mendapatkan berbagai fitur bawaan yang canggih dan mungkin tidak tersedia di dalam negeri.

4 dari 7 halaman

6. Bisa Mendapatkan Produk Limited

Sesekali pabrikan gadget juga hanya me-release produk mereka dalam jumlah yang sangat terbatas, dan Anda bisa saja kesulitan untuk mendapatkan salah satunya.

Namun tak perlu khawatir, black market biasanya akan jeli dengan peluang seperti ini dan dengan senang hati menyediakan berbagai produk limited yang diburu di pasaran.

7. Dapat Garansi Luar Negeri

Meski gadget yang kamu beli di black market berasal dari luar negeri, Anda tetap berhak untuk mendapatkan layanan garansi gadget tersebut. Garansi ini tidak berasal dari dalam negeri, namun garansi resmi langsung dari negara asal gadget yang Anda beli.

Bukan hanya itu saja, sebagian penjual produk black market lokal juga menyediakan garansi pembelian, meski hanya 1 bulan saja namun garansi ini bisa kamu gunakan jika terdapat kerusakan atau bahkan gangguan pada gadget yang Anda beli.

5 dari 7 halaman

8. Mendapatkan Produk yang Tidak Dipasarkan di Indonesia

Tidak semua pabrikan gadget memasarkan setiap seri mereka secara merata di semua negara, meskipun mereka memiliki jaringan pemasaran di negara tersebut.

Namun jangan khawatir, jika Anda menginginkan gadget tertentu yang tidak dipasarkan di dalam negeri, maka Anda bisa dengan mudah membelinya di black market saja.

9. Tidak Menutup Kemungkinan Dapat Barang Palsu

Bukan hanya produk asli saja, di black market juga banyak beredar produk palsu (tiruan). Hal ini berlaku untuk semua produk, termasuk gadget yang menjadi salah satu produk paling dicari. Saat membeli gadget di tempat ini, maka kamu beresiko mendapatkan produk palsu, jadi perlu untuk berhati-hati saat memilih.

6 dari 7 halaman

10. Tidak Ada Garansi Resmi dalam Negeri

Meski merek gadget yang Anda beli memiliki kantor pemasaran dan juga service center yang resmi di dalam negeri, Anda tetap tidak berhak untuk mendapatkan layanan garansi resmi ini. Hal ini cukup merepotkan, bahkan bisa saja membawa sejumlah kerugian jika sewaktu-waktu gadget tersebut rusak.

11. Biasanya Menggunakan Operator Negara Asal Produksi

Beberapa seri gadget sering dijual bundling dengan layanan operator lokal. Artinya, jika Anda membeli gadget ini dari luar negeri, maka operator yang digunakan tentu operator negara asalnya.

Anda perlu mengeluarkan dana untuk meng-unlock sim card operator tersebut. Ini cukup berisiko, sebab bisa saja membuat gadget terganggu atau bahkan mati total.

7 dari 7 halaman

12. Tidak Banyak Aksesories dan Suku Cadang

Anda juga akan kesulitan untuk menemukan berbagai aksesories tambahan untuk gadget black market, apalagi jika produk tersebut tidak pernah dirilis di dalam negeri. Bukan itu saja, hal yang sama juga akan berlaku ketika Anda mencari suku cadangnya di pasaran, jika sewaktu-waktu gadget tersebut mengalami kerusakan.

Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Membeli

Berniat untuk membeli gadget di black market, Anda mungkin sudah memiliki pilihan tersendiri. Pembelian ini memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan yang parlu Anda ketahui dengan baik sejak awal.

Pertimbangkan dengan matang niat Anda untuk membeli gadget black market, agar pembelian yang Anda lakukan bisa memberikan manfaat maksimal dan sesuai dengan harapan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Koleksi Barang Antik? Catat 4 Tempat Ini
Artikel Selanjutnya
Lakukan Ini Bila Ingin Memulai Bisnis Sampingan