Sukses

Rumah DP 0 Rupiah Cilangkap dan Pulo Gebang Dibangun Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan, mengatakan tahun ini pihaknya siap mengembangkan hunian atau rumah DP 0 Rupiah di daerah Cilangkap dan Pulo Gebang.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) hunian berkonsep Rusunami di wilayah Cilangkap rencananya berlangsung pada Mei atau Juni 2019. Nantinya akan dibangun 3-4 tower dengan 900 unit hunian.

"Mei, Juni sudah bisa groundbreaking. 900 unit. (Luas lahan) Hampir sama dengan yang di pondok kelapa, 2,9 hektar," kata dia di Jakarta, Rabu (20/2/2019)

"Sama juga 3-4 tower. Kebutuhan anggaran karena size-nya mirip ya mirip lah dengan di Klapa Village. Tingginya juga sama," imbuhnya.

Sementara untuk pembangunan di Pulau Gebang, kata dia, akan dilakukan pada semester kedua tahun 2019. Lahan yang bakal ditempati seluas 4 hektare.

"Pulau Gebang sedang kita negosiasi. Lebih luas 4 hektare. Mungkin dia semester 2. Nanti kita belum hitung (jumlah unit yang akan dibangun), belum sampai tahap perencanaan. Tanah juga belum kita lagi kita jajaki. Belum tuntas 100 persen, sudah 90-an persen sudah ada progresnya," ungkapnya.

Yoory menambahkan bahwa tahun ini pihaknya mendapatkan suntikan dana Rp 800 miliar dari Pemprov DKI Jakarta. Pada 2018, anggaran yang diterima Rp 500 miliar. Dana itu digunakan untuk pembangunan Klapa Village dan pengadaan tanah yang di Cilangkap.

"Tahun ini. Semua itu rumah DP nol kita ingin menyampaikan bahwa Pemprov ini serius untuk menuntaskan atau memenuhi janji dari Pak Gubernur untuk pemenuhan DP 0 ini tidak main-main. Dibuktikan dengan penyediaan anggaran yang cukup besar baik bagi kami BUMD, maupun SKPD," jelas dia.

Pihaknya akan masih terus menjajaki wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan rumah DP 0 Rupiah. "Nanti di Jakarta Barat ada, di Jakarta Selatan ada. Lagi kita negosiasi. Nanti kalau harga tanah saya dapat mahal-mahal kasian juga warga nggak bisa DP 0," tandasnya.

 

2 dari 2 halaman

Rumah DP 0 Rupiah Klapa Village Siap Serah Terima pada Juli 2019

Rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ditargetkan akan serah terima pada Juli tahun ini.

"Klapa Village sudah toping off. Sudah Juli target kita (serah terima)," kata Direktur Utama PD. Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Dia mengatakan saat ini proses pembangunan Rusunami yang terdiri atas 780 unit hunian dan 21 lantai tersebut sudah memasuki tahap finishing. "Sekarang sudah finishing sudah pemasangan pre cast dinding itu sudah sampai lantai 17," jelas dia.

Jika semua proses penyelesaian tahap akhir berlangsung lancar, maka serah terima rusunami dapat dilakukan sesuai target.

"Mungkin sudah 50 persen lebih. Secara keseluruhan. Mudah-mudahan Juli bisa kita selesaikan tepat waktu," tandasnya.

Dua Sejoli Pacaran di Atas Motor yang Melaju
Loading
Artikel Selanjutnya
Wajib Coba, Hiburan Penghilang Stres yang Bisa Dilakukan di Rumah
Artikel Selanjutnya
Seperti Apa Hunian yang Cocok buat Milenial?