Sukses

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Cari Kerja

Begitu banyak tips yang harus digunakan dalam mencari pekerjaan di Internet. Lalu apa saja kesalahan yang sebaiknya tidak diulang lagi?

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang saat ingin mencari pekerjaan, tak jarang menggunakan internet untuk mencari tips terbaik bagaimana caranya agar cepat mendapatkan pekerjaan.

Namun sayangnya, tidak semua tips tersebut benar adanya. Jangan salah ambil langkah sebelum memulai melamar pekerjaan karena jika sekali saja salah dalam mengambil langkah maka karier Anda akan terganggu.

Dilansir dari laman Forbes, berikut merupakan tiga hal yang harus Anda perhatikan, dan jangan lakukan lagi ke depannya:

1. Perhatikan CV Anda!

Begitu banyak tips yang beredar di internet yang mengatakan, "Hindari pengulangan kata dalam resume Anda". Namun ternyata, hal ini tidak benar.

Dilansir pada laman Forbes, pengulangan kata ternyata penting. Misal jika Anda mencari pekerjaan di bidang konten pemasaran, misalnya, semakin sering Anda menggunakan frasa "pemasaran konten" di resume atau profil LinkedIn Anda, semakin baik hasilnya.

Karena semakin sering menggunakan frasa yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda, akan sering Anda dicari oleh para HRD dari perusahaan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jangan Ragu Menjawab Pertanyaan Gaji

Jika Anda merupakan fresh graduate yang baru ingin mencari pekerjaan maka tidak masalah jika Anda tidak menyebutkan gaji yang diinginkan.

Namun, jika Anda sudah memiliki pekerjaan sebelumnya, jangan ragulah untuk menjawab pertanyaan gaji tersebut untuk menjadi acuan dan target seberapa besar gaji yang akan Anda dapatkan di perusahaan ini.

3. Carilah Pekerjaan yang Membuat Anda Belajar

Banyak tips yang berada di internet yang mengatakan 'Carilah pekerjaan yang Anda sukai' tapi ternyata hal ini tidak benar.

Jika Anda melakukan pekerjaan yang disenangi dan memang sudah menjadi bidang Anda maka hal tersebut tidak akan menjadi pembelajaran bagi Anda. Mulailah mencari pekerjaan yang Anda minati dan ingin Anda pelajari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.