Sukses

Begini Cara Cepat Hilangkan Stres saat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan hal yang wajar dan sering terjadi bagi setiap orang yang hidup di muka bumi ini, terkhususnya bagi para pekerja.

Merasakan beban yang berat saat di kantor seperti deadline tugas yang menghantui setiap hari, atasan yang marah, atau begitu banyaknya tugas yang tidak dapat diselesaikan, klien yang menggagalkan hubungan kerjanya merupakan pemicu stres bagi orang-orang yang bekerja.

Meskipun stres sangat wajar bagi pekerja, namun ternyata hal ini tidak dapat diwajari begitu saja. Karena ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit dalam tubuh yang terkadang dapat membahayakan nyawa Anda.

Meditasi merupakan kunci untuk menghilangkan stres bagi para pekerja.

Dilansir pada laman Civilized, meditasi telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kecemasan, depresi, insomnia, dan dapat meningkatkan kesehatan serta vitalitas. Selain itu, meditasi dapat mengurangi efek penuaan pada otak.

Namun sayangnya banyak pekerja yang merasa tidak sempat atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermeditasi selama bekerja. Apakah Anda salah satu yang merasakan hal yang sama? Jangan risau karena ternyata, meditasi dapat Anda lakukan saat jam kerja tiba.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

 

2 dari 3 halaman

1. Lakukanlah Teknik Pernapasan yang Benar

Bekerja terasa begitu banyak tekanan? Membuat Anda panik dan sulit bernapas dengan mudah? Maka bernapaslah dengan benar maka semuanya akan kembali terasa ringan.

Bernapas disini bukan napas yang selalu dilakukan setiap detiknya. Ada teknik pernapasan sendiri dalam bermeditasi untuk menghilangkan stres yang melanda.

Teknik pernapasan sederhana berikut dapat menjinakan serangan stres yang membuat Anda sulit bernapas.

'Tarik napas dalam-dalam, tahan hingga itungan ke empat, lalu hembuskan perlahan-lahan.'

Hal ini mensirkulasi oksigen yang ada di paru-paru sehingga akan banyak udara segar yang kaya oksigen akan masuk kedalam paru-paru Anda sehingga dapat mengurangi tekanan negatif dalam diri Anda secara alami.

Anda dapat mencoba bernapas dengan cara seperti ini selama tiga atau empat kali, karena begitu banyak yang telah membuktikan khasiat dari cara pernapasan begitu dan terbukti berhasil.

 

3 dari 3 halaman

2. Gunakan Jam Makan Siang secara Efektif

Selain dengan teknik bernapas diatas, meditasi juga dapat Anda lakukan dengan cara yang lain yaitu salah satunya dengan cara 'menenangkan pikiran' sejenak.

Waktu makan siang merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengistirahatkan sejenak pikiran dari beban pekerjaan yang melanda.

Namun terkadang banyak sekali pekerja yang masih menggunakan waktu makan siangnya untuk bekerja dengan dalih agar pekerjaannya selesai lebih cepat, ternyata hal tidak benar.

Saat makan siang tiba, istirahatlah. Jangan sekali-kali Anda mengganggu waktu makan siang dengan mengerjakan tumpukan pekerjaan di meja kerja Anda.

Keluarlah untuk makan siang di kantin, atau di tempat makan jika Anda membawa bekal. Setelah itu, jangan langsung kembali ke meja kantor. Anda dapat menggunakan sisa waktu istirahat makan siang dengan cara menenangkan sejenak pikiran Anda dengan cara tidur atau bahkan hanya duduk-duduk santai di ruangan yang tersedia di kantor.

Jangan ragu untuk menggunakan fasilitas karena itu ada juga untuk membantu Anda. Setelah semuanya selesai, Anda akan mendapatkan energi baru dan tumpukan pekerjaan yang ada akan terselesaikan dan semua beban pun akan hilang.