Sukses

Kenapa Anda Harus Punya Banyak Rekening Bank?

Liputan6.com, Jakarta - Anda sering merasa uang gajian selalu habis entah kemana? Mungkin penyebabnya karena Anda belum dapat mengelola keuangan dengan baik.

Mengelola keuangan sering menjadi sesuatu yang menyulitkan bagi beberapa orang, karena rencana pengelolaan uang yang mereka buat justru membuat tingkat konsumsi mereka naik, terutama untuk membeli barang-barang yang tidak perlu.

Dikutip dari Money Wise, survei menunjukkan banyak orang merasa menyesal karena tidak menabung dengan tepat. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki rencana yang tertata.

Perlu strategi yang baik agar uang yang Anda simpan tidak habis sia-sia lagi seperti kemarin. Salah satunya, dengan membuat banyak rekening bank.

Bukan bermaksud menambah jumlah kartu yang Anda punya, namun ada tiga alasan yang dapat meyakinkan Anda bahwa ini adalah langkah yang tepat.

2 dari 4 halaman

1. Manajemen kebutuhan hidup

Manajemen modal tidak hanya dilakukan oleh para pengusaha besar. Anda memiliki modal sendiri, yang jumlahnya beragam tergantung kemampuan finansial Anda.

Modal Anda biasanya digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Modal untuk makan, berpakaian, pendidikan, transportasi, akomodasi hingga liburan tentu beragam, dan Anda bisa menentukan budget tetapnya dengan satu rekening.

Rekening itu khusus berisi uang untuk kehidupan Anda. Bila modal yang telah Anda tetapkan, katakanlah Rp 3 juta untuk satu bulan, habis dan justru kurang, bisa jadi Anda melakukan kesalahan finansial lagi.

Setidaknya, kesalahan tersebut dapat Anda deteksi dengan mudah karena hanya bersumber dari satu rekening.

3 dari 4 halaman

2. Menahan Anda untuk belanja yang tidak perlu

Kadang saat memegang uang, Anda sering tidak sadar telah membelanjakan uang itu untuk hal yang tidak perlu. Benar begitu, bukan? Biasanya, hal ini terjadi ketika Anda sedang di pusat perbelanjaan.

Supaya Anda tidak terus menerus menggunakan seluruh uang untuk belanja, Anda perlu satu rekening khusus untuk belanja. Jika Anda ingin belanja kosmetik, baju atau hiburan seperti nonton film, Anda bisa menggesek kartu rekening ini.

Tentukan berapa limit belanja Anda dengan mengisi saldo di rekening tersebut. Katakanlah, Anda menyisihkan Rp 1 juta untuk belanja dan hiburan. Jika saldo akun ini habis, maka Anda tidak bisa nonton film atau jajan lagi sampai bulan berikutnya.

4 dari 4 halaman

3. Membantu mengatur keuangan

Dengan memiliki banyak akun atau rekening bank, manajemen keuangan Anda menjadi lebih tertata rapi.

Ibaratnya Anda memiliki loker khusus untuk baju-baju Anda. Ada loker dress, loker baju santai, loker baju formal, loker baju untuk ibadah, loker celana dan lainnya. 

Ketika Anda ingin pergi ke acara formal, Anda bisa langsung mengambil baju di loker baju formal tanpa perlu mengacak-acak seluruh baju yang bisa membuat baju Anda hilang, begitu seterusnya.

Terdengar sederhana, namun efeknya sangat membantu memperbaiki kondisi keuangan Anda.

Menyedihkan, Usaha Bertahan Hidup Penduduk Venezuela

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Diam-Diam, Programer Manfaatkan Celah untuk Tarik Duit di ATM
Artikel Selanjutnya
Intip Rahasia Fengshui untuk Menambah Kemakmuran