Sukses

5 Cara Memilih Paket Pernikahan Biar Irit Bujet

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan menjadi suatu hal yang sangat dinanti semua pasangan karena merupakan momen paling berharga dalam hidup.

Indonesia memiliki tradisi menggelar resepsi pernikahan dengan mengundang banyak kerabat, teman, kenalan, hingga rekan kantor untuk dapat merasakan kebahagiaan pasangan pengantin. Jadi tak heran kalau biaya yang dibutuhkan untuk menggelar pesta pernikahan ini bisa membuat kamu geleng-geleng kepala karena jumlah undangan yang diundang bisa mencapai ribuan orang.

Di Jakarta, untuk dapat menggelar pesta pernikahan, rata-rata dibutuhkan bujet puluhan juta. Beberapa di antaranya justru ada yang menghabiskan dana melebihi ratusan juta.

Selain karena banyaknya undangan, ada faktor lainnya yang juga membuat acara pernikahan ini jadi lebih mahal bujetnya, yakni karena harga gedung, dekorasi yang digunakan, hingga makanan yang disajikan.

Jika kita tidak pintar-pintar mengelola budget pernikahan, bukan hal yang asing lagi kalau nanti akan mengalami defisit dan terlilit utang setelah menikah. Oleh karena itu, persiapkan pernikahan sesuai bujet yang ada.

Dikutip dari TunaiKita, berikut cara memilih paket pernikahan biar irit bujet:

 

2 dari 4 halaman

1. Cari Kenalan Wedding Organizer

Sebenarnya ada cara paling ampuh untuk dapat menghemat biaya pernikahan, yakni dengan cara mempersiapkannya sendiri alias tidak menggunakan jasa vendor.

Tapi tentu saja hal tersebut akan sangat merepotkan karena akan menyita waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan jasa wedding organizer atau wedding planner.

Tapi bukannya untuk menyewa wedding organizer, kita membutuhkan biaya yang lebih banyak? Cobalah untuk mencari kenalan, baik itu teman atau kerabat yang memiliki wedding organizer karena jika menyewa dari kenalan, maka harga yang ditawarkan akan lebih murah alias ada diskonnya. Selain itu, kita juga akan lebih bebas untuk mengungkapkan keinginan menggelar konsep pernikahan yang seperti apa.

2. Startup Wedding Organizer Biasanya Tawarkan Harga Lebih Terjangkau

Jika tidak ada kenalan yang memiliki bisnis wedding organizer, maka carilah startup wedding organizer.

Apa itu startup wedding organizer? Startup wedding organizer merupakan wedding organizer yang membuka layanan secara online sehingga mereka pasti akan memberikan paket wedding murah dengan promo-promo menarik yang sangat menguntungkan.

Cobalah untuk searching lebih dari satu startup wedding organizer agar bisa dibandingkan penawarannya. Jangan lupa untuk mencari alamat kantor resminya untuk memastikan kalau startup wedding organizer tersebut bebas dari risiko penipuan.

3 dari 4 halaman

3. Pilih Vendor yang Sudah Bekerjasama dengan Gedung

Perlu untuk diketahui kalau gedung-gedung di Jakarta yang disewakan untuk pernikahan, biasanya sudah memiliki rekanan vendor wedding organizer sendiri.

Jika menggunakan vendor wedding organizer yang lain, akan ada biaya tambahan yang dikenakan dan jumlahnya tergolong banyak, mulai dari 10-20 persen lebih.

Jadi pastikan untuk mencaritahu terlebih dahulu vendor yang digunakan sebelum mendatangi gedung yang akan disewa untuk acara pernikahan. Dengan begitu, dapat dipastikan akan mendapatkan harga gedung beserta vendor pernikahan yang aman di kantong.

4. Gelar Pernikahan di Hari Kerja

Rasanya hampir semua pernikahan digelar pada saat weekend atau akhir pekan. Tapi pernahkah terpikir untuk menggelar resepsi pernikahan pada saat weekdays?

Pada saat akhir pekan, peak season, dan tanggal-tanggal cantik, biasanya wedding organizer berani mematok harga mahal karena pasti tanggal tersebut akan laris.

Untuk menghindari hal ini, solusinya bisa menggelar pesta pernikahan pada saat weekdays supaya bisa mendapat paket wedding murah. Gelar resepsi pernikahan di malam hari (pada jam 19.00) supaya semua tamu undangan bisa hadir.

4 dari 4 halaman

5. Take Over Wedding Punya Harga Lebih Rendah

Pernah mendengar take over wedding? Take over bukan hanya dilakukan pada KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) saja, tapi juga bisa dilakukan pada paket wedding murah.

Sesuai dengan namanya, take over wedding adalah mengambil alih pernikahan seseorang. Hal ini bisa dilakukan jika ternyata ada pasangan yang tiba-tiba membatalkan resepsi pernikahan, entah karena alasan apapun.

Kondisi seperti ini bisa sangat menguntungkanmu karena biasanya pasangan yang akan menikah tersebut sudah melakukan pembayaran uang muka hingga 50 persen lebih kepada pihak wedding organizer dan dan dananya tidak bisa dikembalikan.

Supaya tidak merugi, maka mereka akan mencari pasangan lain yang akan menikah untuk menggantikan mereka. Tentu saja mereka akan menawarkan paket wedding murah yang akan sangat menguntungkan.

Tapi di mana kita mencari pasangan yang membatalkan resepsi pernikahan mereka? Tenang saja, informasinya bisa dicari di internet karena ada banyak situs yang menyediakan informasi tersebut.

Itulah cara-cara agar bisa mendapatkan paket wedding murah. Selalu ingat kalau tidak selamanya resepsi pernikahan yang mewah akan berkesan. Bisa jadi resepsi pernikahan yang sederhana justru lebih berkesan dan mendatangkan berkah bagimu.

Rencanakan resepsi pernikahan dengan matang agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Semoga kamu bisa mendapatkan paket wedding murah yang sesuai dengan bujet pernikahanmu ya, Sobat!

Loading