Sukses

Cara Mempersiapkan Pernikahan dengan Biaya Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Berencana menikah dan membangun rumah tangga sendiri, Anda dan pasangan tentu sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya sejak saat ini. Pernikahan memang membutuhkan banyak persiapan, sehingga Anda perlu merencanakannya sejak jauh-jauh hari.

Bukan hanya itu saja, untuk menggelar pesta pernikahan, Anda juga akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Lalu, apakah Anda dan pasangan berniat untuk mempersiapkan sendiri dana pernikahan ini?

Menikah dengan biaya sendiri menjadi hal yang wajar, terutama jika Anda dan pasangan sudah sama-sama bekerja dan memiliki penghasilan tetap. Hal ini juga akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Anda, dan tentunya tidak perlu merepotkan orangtua.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mudah mempersiapkan pernikahan dengan biaya sendiri.

1. Pilih Konsep dan Hitung Anggaran yang Dibutuhkan

Konsep akan sangat menentukan besaran biaya pernikahan Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu memilih konsep yang tepat sejak awal.

Konsep pernikahan yang megah dan mewah tentu akan menelan biaya yang besar, meskipun hal ini tidak menjamin acara Anda akan berkesan. Namun konsep yang sederhana juga bisa saja memberi kesan mendalam, jika Anda memilih konsep unik dan menyesuiakan segala sesuatunya dengan baik.

Pastikan Anda memilih konsep yang tepat dan menyusun anggarannya dengan baik, sehingga kelak acara pernikahan Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

2 dari 4 halaman

2. Buat Rekening Khusus untuk Biaya Pernikahan

Buatlah sebuah rekening khusus untuk dana pernikahan Anda, di mana Anda bisa memisahkannya dari uang lainnya yang Anda miliki. Rekening terpisah seperti ini akan membuat Anda lebih disiplin dalam menabung dan tidak mengganggu dana pernikahan tersebut.

Jika perlu, Anda tidak usah membawa kartu ATM rekening ini ke mana-mana, agar Anda tidak menggunakannya untuk kepentingan di luar pernikahan Anda.

3. Diskusikan dan Alokasikan Dana yang Maksimal

Diskusikan dengan pasangan besaran dana yang akan Anda berdua alokasikan sebagai dana pernikahan. Tetapkan jumlah yang paling tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan, agar tabungan ini tidak menganggu kebutuhan pokok lainnya.

Selalu alokasikan dana tersebut sesaat setelah gajian, agar Anda dan pasangan tidak menggunakannya untuk kebutuhan lainnya.

3 dari 4 halaman

4. Siapkan Dana Darurat

Selain dana tabungan, alokasikan juga sejumlah dana darurat di dalam keuangan Anda. Hal ini penting, untuk mengatasi pembengkakan biaya pernikahan atau bahkan kondisi darurat lainnya di dalam keuangan Anda setelah pernikahan nanti selesai digelar.

Jika kelak tidak terpakai, dana darurat ini juga bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai kebutuhan Anda dan pasangan setelah menikah, atau bahkan dialokasikan untuk dana investasi.

5. Pilih Jasa Vendor yang Tepat dan Sesuai Kemampuan Keuangan

Hindari untuk menggunakan jasa vendor mahal, terutama jika kondisi keuangan tidak memadai untuk hal tersebut. Pilihlah vendor yang tepat dan memiliki bujet sesuai dengan kemampuan, sehingga penggunaan layanan tersebut tidak menjadi masalah di dalam keuangan Anda.

4 dari 4 halaman

6. Jangan Lupa Berhemat

Untuk persiapan pernikahan Anda, mulailah melakukan penghematan di dalam keuangan Anda dan pasangan. Pangkas berbagai pengeluaran yang tidak penting dan hindari berbagai pengeluaran yang tidak wajib dan hanya bersifat sebagai pemborosan, seperti makan dan kencan di luar, travelling, dan yang lainnya.

Rencanakan dan Siapkan dengan Baik Sejak Awal

Bagi Anda yang berencana untuk menikah dengan biaya sendiri, pastikan Anda merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal.

Lakukan penghematan dan alokasikan dana tabungan pernikahan Anda dengan baik, sehingga semua rencana yang disusun bisa berjalan dengan lancar di masa yang akan datang.

Loading