Sukses

Milenial, Ini 4 Hal Penting saat Memilih Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang ingin serba praktis, mudah, dan cepat. Tentu saja tujuannya untuk membuat hidup terasa lebih mudah. Bank penerbit kartu kredit pun memanfaatkan generasi baru ini dengan menyediakan kartu kredit pertama untuk milenial. Tapi para milenial harus cerdik sebelum memilih kartu kredit pertama.

Bagi anak milenial, hidup menjadi lebih mudah itu perlu. Sebab, di era teknologi saat ini, kehidupan dituntut untuk bisa bergerak dengan lebih cepat. Begitu pula dengan tren belanja masyarakat Indonesia saat ini semakin berubah. Transaksi menggunakan uang tunai pun perlahan-lahan semakin ditinggalkan. Sebagai gantinya, kartu kredit ataupun debit semakin sering digunakan.

Generasi milenial memiliki karakter yang mementingkan work life balance setiap hari. Hal ini didukung oleh antusiasme yang tinggi pada dunia digital yang memberi kemudahan dalam berkomunikasi hingga berbelanja online.

Ternyata dari sebuah riset, sebanyak 70 persen dari generasi ini beralih pada kartu debit atau kartu kredit daripada pembayaran secara tunai ketika berbelanja. Oleh karena itu, kartu kredit pertama untuk milenial sangat penting dimiliki demi mendukung beragam aktivitasnya.

Memang ada sejumlah alasan mendasar kenapa konsumen baru dari segmen milenial ini memerlukan kartu kredit.

Pertama, sering melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Keuntungan yang bisa didapat dengan kartu kredit adalah untuk membeli tiket pesawat. Kartu kredit bisa menjadi lebih menguntungkan apabila Anda sering melakukan perjalanan dengan pesawat. Sebab, beberapa maskapai penerbangan kerap bekerja sama dengan penerbit kartu kredit untuk memberikan harga promo yang menggiurkan. Selain itu, ada pula promo buy 1 get 1 yang membuat calon penumpang semakin berminat untuk melakukan transaksi karena lebih murah.

Kedua, menginap di hotel. Bagi Anda yang sering menginap di hotel, kartu kredit pertama untuk milenial penting untuk dimiliki. Terutama untuk keperluan bisnis atau pekerjaan. Pemesanan hotel dengan kartu kredit bisa lebih menguntungkan karena bisa dilakukan secara online karena adanya beragam penawaran diskon. Jadi, jika ini salah satu alasannya, milenial perlu memiliki kartu kredit.

Ketiga, berbelanja secara online. Kartu kredit sangat diperlukan untuk memfasilitas milenial berbelanja online di situs lokal maupun internasional. Salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah promo dengan bunga rendah atau cicilan 0 persen.

Keempat, lebih untung dengan kartu kredit. Kartu kredit bisa dirasakan manfaatnya jika digunakan untuk transaksi di tempat. Misalnya seperti makan di salah satu restoran atau membeli kopi di coffee shop bisa mendapatkan promo buy 1 get 1 dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit. Atau, bisa juga mendapatkan promo atau diskon saat belanja kebutuhan pokok di supermarket. Selain itu, belanja barang elektronik dan mendapatkan potongan harga, cicilan 0 persen hingga cashback. Tentu dalam hal ini kartu kredit sangat menguntungkan.

2 dari 4 halaman

Penting Sebelum Ajukan Kartu Kredit

Bagi generasi milenial yang sudah memiliki gaji rutin dengan jumlah yang telah memenuhi syarat, antara lain di kisaran upah minimum provinsi (di 2019, UMP DKI Jakarta Rp 3,9 juta per bulan), untuk membuat kartu kredit bukanlah hal yang sulit.

Namun, sebagian nasabah lainnya kerap merasa kesulitan karena pengajuan kartu kreditnya kerap mengalami penolakan. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa jurus jitu dari HaloMoney.co.id berikut ini sebelum mengajukan kartu kredit pertama.

1. Carilah bank yang memiliki produk kartu kredit pertama

Ingat, sebelum mengajukan kartu kredit pertama untuk milenial, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dulu. Bank mana yang memiliki produk kartu kredit pertama.

Tentu saja, ini menghindarkan Anda dari penolakan saat pengajuan kartu kredit. Cara ini juga mengurangi waktu Anda terbuang untuk mengajukan kartu kredit yang sebenarnya tidak cocok sebagai kartu kredit pertama.

3 dari 4 halaman

2. Perhatikan kelengkapan dokumen yang diminta

Ada beberapa persyaratan yang perlu dimiliki sebelum mengajukan kartu kredit. Salah satunya seperti kelengkapan dokumen. Biasanya kelengkapan dokumen ini akan diminta oleh pihak bank kepada calon pemegang kartu kredit.

Jika syarat yang dipenuhi telah lengkap, Anda tak perlu lagi ragu untuk mengajukan kartu kredit. Siapkan dokumen yang Anda miliki selengkap mungkin dan siapkan segala keperluan yang diminta.

3. Memiliki riwayat keuangan yang baik itu perlu

Riwayat keuangan yang baik perlu dimiliki bagi Anda yang berencana mengajukan kartu kredit pertama untuk milenial. Walaupun sebelumnya tidak memiliki kartu kredit, kredit lain yang pernah dimiliki penting untuk dicek. Mulai dari kredit kendaraan bermotor, gadget, hingga beragam jenis kredit yang pernah dimiliki.

Jika kredit yang dimiliki sudah berjalan dengan baik, Anda tak perlu khawatir lagi mengalami penolakan. Asalkan, persyaratan yang diperlukan sudah benar-benar dipenuhi.

Namun, apabila Anda pernah mengalami kredit macet, terlambat membayar cicilan, hingga gagal bayar, jangan harap bank bersedia menyetujui kartu kredit yang Anda ajukan. Jadi Anda harus memperbaiki histori kredit Anda dulu di bank pemberi kredit tersebut.

4 dari 4 halaman

4. Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan

Ada beragam jenis kartu kredit pertama untuk milenial yang bisa dipilih. Mulai dari silver, gold, platinum. Bagi Anda yang pertama kali ingin memiliki kartu kredit jangan asal pilih.

Sebelum memilih, ada baiknya untuk mempertimbangkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing kartu kredit memiliki tanggungan yang berbeda-beda.

Semakin tinggi level kartu kredit yang dipilih, semakin tinggi pula tagihan yang perlu dibayar. Oleh karena itu, lakukan perbandingan sebaik mungkin sebelum memilih jenis kartu kredit yang tepat. Sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Destinasi Wisata Keren di Indonesia yang Patut Dikunjungi
Artikel Selanjutnya
Mau Kredit Mobil? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu