Sukses

Ini Dia Plus Minus Pakai Kartu Kredit untuk Liburan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selain bentuknya yang simpel dan praktis dibawa ke mana-mana, kartu kredit menawarkan sejumlah benefit lain bagi para penggunanya. Mulai dari kebutuhan belanja sehari-hari hingga kebutuhan lainnya bisa dengan mudah dilakukan dengan kartu kredit.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa seseorang semakin dimudahkan saat liburan dengan adanya kartu kredit. Lalu, apa saja sih kekurangan dan kelebihan kartu kredit ini untuk liburan?

Tentu saja, semua hal yang bisa dikatakan memiliki kelebihan pasti ada kekurangan di baliknya. Nah, seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kelebihan dan kekurangan atau plus-minus kartu kredit untuk travelling (liburan).

Kelebihan Kartu Kredit untuk Liburan

1. Ada Kartu Kredit, Ada Uang Darurat

Tentu saja ini jadi nilai plus atau keuntungan pertama dari kartu kredit yang bisa digunakan selama berlibur. Saat tidak punya uang tunai dalam jumlah tertentu, Anda bisa dengan mudah menggunakan kartu kredit, sehingga liburan jadi lancar.

Atau selama liburan ternyata Anda mendapati hal-hal yang di luar rencana sehingga membutuhkan untuk membayar sesuatu dengan mata uang negara tertentu, maka kartu kredit adalah penyelamatnya. Sebab dengan sistem pembayaran yang terdapat pada kartu kredit, seperti VISA dan MasterCard bisa digunakan untuk transaksi di hampir seluruh negara.

2 dari 4 halaman

2. Bisa Lebih Irit karena Banyak Promo

Sebagaimana halnya untuk transaksi belanja, biasanya kartu kredit pun juga memiliki benefit terkait dengan transaksi pembelian tiket pesawat dan kamar hotel. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam promo dan voucher diskon untuk pembelian tiket pesawat di maskapai-maskapai yang telah bekerjasama, ataupun hotel.

Bahkan, sejumlah bank mengadakan program poin yang mana nantinya jika pengguna berhasil mengumpulkan poin tersebut bisa memenangkan undian liburan gratis. Jadi, kartu kredit pun bisa membantu Anda untuk lebih irit karena bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Meringankan karena Pembayaran Bisa Dicicil

Rencana liburan ke destinasi favorit sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, tapi tiba-tiba ada keperluan mendadak yang tidak bisa dihindari. Alhasil, bujet liburan pun terpakai.

Nah, dengan kartu adanya kartu kredit, Anda tidak perlu khawatir rencana liburan menjadi tertunda. Apalagi, sejumlah bank telah bekerjasama dengan pihak maskapai untuk menghadirkan fasilitas cicilan pembelian tiket pesawat sehingga tentu hal ini akan semakin memudahkan.

3 dari 4 halaman

Kekurangan Kartu Kredit untuk Liburan

1. Bisa Lupa Diri Kalau Kartu Kredit adalah Kartu Utang

Sudah tahu bukan, bahwa dengan menggunakan kartu kredit itu artinya Anda berutang pada bank? Kita boleh saja gesek sana-sini selama berada di tempat liburan. Namun harus diingat bahwa ada kewajiban untuk membayarnya di kemudian hari.

Sejatinya, hal ini bukan menjadi masalah ketika kita mampu menggunakan kartu kredit dengan bijak. Artinya, Anda tidak ‘lupa diri’ untuk kemudian menghabiskan limit kartu kredit atau bahkan bertransaksi melebihi limit, sehingga tagihan tidak akan terlalu memusingkan kepala.

Namun, yang sering terjadi justru sebaliknya. Karena merasa tengah bersenang-senang, Anda pun tanpa pikir panjang menggunakan kartu kredit untuk banyak transaksi. Akhirnya, utang pun menggunung. Alih-alih kembali segar pasca pulang liburan, bisa-bisa malah stres akibat utang menumpuk tanpa disadari.

2. Rencana Bujet Liburan Berubah Tak Beraturan

Selain itinerary, bujet juga jadi hal penting lainnya yang perlu dipersiapkan secara matang sebelum pergi berlibur. Nah, acap kali bujet yang sudah disusun dengan baik tersebut berubah jadi tidak beraturan karena tidak disiplin dan bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Merasa bahwa masih banyak uang yang dimiliki, termasuk uang darurat yang ada di kartu kredit, Anda pun santai dan asal gesek saja. Akhirnya, pengeluaran pun menjadi tidak sesuai dengan yang sudah direncanakan.

4 dari 4 halaman

3. Bisa Konsumtif Jika Tidak Disiplin

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kartu kredit berpotensi menjadikan Anda sangat konsumtif di tempat liburan nanti. Dari tadinya sudah dihitung berapa biaya yang akan dihabiskan selama berlibur, akhirnya muncul biaya-biaya tak terduga oleh karena perilaku konsumtif tersebut. Sebaiknya pegang teguh prinsip disiplin dalam penggunaan kartu kredit.

Ada Plus-Minus Kartu Kredit untuk Liburan, Apa yang Harus Dilakukan?

Dari penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kartu kredit dalam kaitannya untuk memenuhi kebutuhan berlibur, Anda tentu saja sudah tahu bahwa ini semua kembali lagi kepada bagaimana kita bersikap.

Kartu kredit merupakan barang yang bermanfaat sekali, melihat adanya sejumlah benefit yang bisa dinikmati. Namun, di satu sisi ia juga bisa jadi bumerang jika tidak digunakan secara bijak. Maka perhatikan dengan baik cara penggunaan kartu kredit ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Bosan saat Transit Panjang di Bandara, Coba Lakukan ini
Artikel Selanjutnya
Keuntungan Saat Miliki 2 Kartu Kredit Sekaligus