Sukses

Pertamina Terapkan Digitalisasi SPBU di Sulut

Pertamina menargetkan digitalisasi diterapkan pada 413 SPBU di seluruh wilayah Sulawesi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII menerapkan digitalisasi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sulawesi Utara (Sulut). Hal tersebut untuk meningkatkan layanan pada konsumen.

General Manager MOR VII, Werry Prayogi mengatakan, program digitalisasi SPBU bermanfaat bagi konsumen karena meningkatkan akurasi dalam penyaluran BBM. Melalui digitalisasi SPBU, jumlah BBM yang disalurkan melalui nozzle dicatat oleh sistem terkomputerisasi. Sehingga datanya lebih akurat dan handal.

"Konsumen mendapat tingkat akurasi pembelian BBM yang lebih tinggi," kata Werry, di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Dia melanjutkan, sistem ini dapat memonitor penyaluran BBM melalui nozzle dengan mendekati waktu faktual (near real-time). Data penyaluran yang terkumpul di pusat data dapat menghasilkan beragam laporan analitik. Penghitungan dari penjualan BBM di setiap SPBU juga lebih cepat dan akurat.

Pertamina menargetkan digitalisasi diterapkan pada 413 SPBU di seluruh wilayah Sulawesi. Dari total tersebut, sebanyak 63 SPBU berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lewat Aplikasi

Program digitalisasi SPBU ini juga akan disinergikan dengan aplikasi MyPertamina. Sehingga setiap transaksi yang tercatat dalam sistem, dapat otomatis dikonversikan menjadi poin loyalti. Konsumen kemudian dapat menukarkan poin tersebut dengan beragam hadiah maupun kenyamanan yang menarik.

"Program Digitalisasi SPBU dan MyPertamina juga salah satu bentuk dukungan Pertamina dalam program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), melalui pembayaran digital," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina