Sukses

Beli Saham Hotel Belmond, Louis Vuitton Rogoh Kocek Rp 46,5 Triliun

Liputan6.com, New York - Produsen barang mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) memperluas bisnis di sektor perhotelan. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengalaman mewah kepada konsumen.

Salah satu langkah dilakukan dengan membeli Belmond, pemilik hotel termasuk landmark Venesia Cipriani senilai USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 46,53 triliun (asumsi kurs Rp 14.540 per dolar Amerika Serikat). Pembelian tersebut termasuk utang.

Kesepakatan tersebut dengan Belmond itu akan memberikan LVMH properti termasuk satu-satunya hotel di dalam benteng Machu Picchu di Peru Selatan, Hotel Splendido di Portofino di Italia, dan Copacabana Palace di Rio de Janeiro. Ini dapat menggerakkan Louis Vuitton lebih jauh untuk menciptakan bisnis perjalanan kelas dan dan perhotelan.

Transaksi tersebut juga ikuti transaksi sebelumnya di sektor hotel mewah termasuk pembelian FRHI oleh AccorHotels, induk dari hotel Fairmont dan Raffles.

"Sementara beberapa investor mungkin mempertanyakan akuisisi yang tampaknya berada di luar operasi inti grup LVMH. Kami percaya itu konsisten dengan strategi jangka panjang yang fokus menawarkan kepada konsumen berupa pengalaman mewah,” tulis Analis Berenberg, seperti dikutip dari laman CNBC, Minggu (16/12/2018).

 

 

2 dari 2 halaman

Beli dengan Harga Premium

LVMH menyatakan akan membayar USD 25 per saham Belmond. Angka tersebut 40 persen dari harga penutupan perdagangan Kamis. Transaksi pembelian saham Belmond itu diharapkan selesai pada semester I 2018. Nilai transaksi total USD 3,2 miliar termasuk utang.

"Kesepakatan harga 5,6 kali dari penjualan baru-baru ini dan 22,9 kali Ebitda (earning before interest, pajak, depreciation dan amortisasi atau laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). Ini tinggi, tetapi Belmond memiliki portofolio unik dari aset real estate yang akan memungkinkan LVMH untuk meningkatkan pengalaman mewah," tulis Analis RBC Capital Markets.

LVMH, perseroan berada di belakang label Louis Vuitton dan Christian Dior ini sudah memiliki hotel termasuk Cheval Blanc di resor ski Courchevel di Prancis, dan hotel Bvgalri.

Sedangkan Belmond memiliki dan mengelola 46 hotel mewah, restoran, kereta api dan properti kapal pesiar. Belmond pun beroperasi di 24 negara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Ojek Online Peragakan Prosedur Keselamatan ala Pramugari

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Swissotel Hotels dan Resorts Beroperasi di Jakarta Mulai 2019
Artikel Selanjutnya
Tingkat Hunian Kamar Hotel Naik di Oktober 2018