Sukses

5 Jurus Ampuh Usir Jenuh saat Menganggur

Liputan6.com, Jakarta Naomi baru saja menyelesaikan studi S1-nya di salah satu Universitas terkemuka di Jakarta. Pasca lulus kuliah, Naomi pun tidak langsung mendapatkan pekerjaan.

Tiga bulan berlalu, rasa jenuh dan khawatir pun menghinggapi karena tak kunjung dapat pekerjaan, sementara tidak dengan beberapa teman-temannya. Tak ayal, ia pun makin stres menghadapi situasi ini.

Apa yang dialami Naomi itu wajar saja. Rasa jenuh, tidak percaya diri, dan stres acap kali dialami oleh siapapun yang menganggur. Namun, hal ini tentu saja bisa diatasi jika Anda menerapkan cara-cara berikut ini. Apa sajakah itu?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara ampuh usir jenuh saat menganggur agar terhindar dari stres saat menunggu panggilan dari lamaran kerja yang telah disebar.

1. Berpikir Positif dan Selalu Ingat akan Bahagia

Seakan klise, namun nyatanya dengan selalu berpikir positif dan bersikap gembira akan membuat orang terbebas dari yang namanya rasa jenuh dan stress, termasuk ketika berada di kondisi sedang tidak memiliki pekerjaan alias menganggur.

Artinya, Anda mengambil sudut pandang lain dari kondisi ini, yaitu menganggap saat menganggur itu artinya Anda bisa sejenak melepas penat pasca berjibaku dalam menyelesaikan skripsi.

Atau dengan menganggur, Anda jadi punya waktu untuk mengembangkan hobi yang mungkin sempat tertunda saat kuliah dulu. Jadikan momen ‘indah’ ini sebagai semacam reward atas perjuangan Anda untuk merengkuh gelar sarjana.

2 dari 3 halaman

2. Melakukan dan Kembangkan Hobi

Di momen ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk menegembangkan hobi yang sempat terhalang oleh padatnya aktivitas perkuliahan.

Contoh, Anda suka bermain musik. Saat kuliah, Anda tidak punya cukup waktu untuk mendalami ilmu dan skill musik karena jadwal kelas dan tugas kuliah yang padat. Nah, manfaatkan momen menganggur ini untuk melakukan menekuninya sembari menunggu panggilan interview kerja.

Atau, Anda juga bisa memulai sebuah hobi baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, semisal memasak atau berolahraga. Dengan menerapkan tips ini, momen menganggur Anda pun akan tetap produktif menyenangkan.

3. Dapatkan Uang dengan Bekerja Paruh Waktu

Sembari menunggu peroleh pekerjaan full time, Anda bisa mencoba bekerja paruh waktu. Ya, pekerjaan paruh waktu (part time job) memang terbilang lebih mudah didapatkan.

Memang, Anda tidak akan mendapatkan fasilitas sebagaimana halnya ketika Anda bekerja secara full time seperti asuransi dan lainnya. Namun, tidak ada salahnya mencoba kan? Hitung-hitung sekalian cari pengalaman dan jam terbang sehingga nantinya ketika terjun di dunia kerja yang sesungguhnya, Anda bisa jauh lebih siap.

Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang juga memanfaatkan jasa freelancer guna menunjang kebutuhan usaha mereka. Suka menulis? Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi seorang freelance content writer.

Selain itu, tentunya masih banyak bidang pekerjaan yang bisa dikerjakan paruh waktu. Rajin-rajinlah browsing untuk mendapatkan informasinya.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Hanya Berdiam Diri di Rumah, Lakukan Travelling

Satu hal yang juga turut berperan dalam menciptakan stres saat menganggur ialah Anda hanya berdiam diri di rumah dan tidak melakukan kegiatan apapun.

Untuk menghindari hal ini, lakukan travelling. Tentu saja, Anda tidak melulu harus ke luar kota atau luar negeri. Berkeliling kota mengunjungi tempat-tempat favorit di sekitar kota tempat tinggal juga sudah cukup untuk mengusir kepenatan Anda.

5. Jangan Malas, Berolahragalah

Sisihkan beberapa jam setiap hari untuk berolahraga. Usahaan ini dilakukan secara konsisten. Berolahraga, selain mampu membuat hati dan pikiran menjadi tenang, tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Lakukan cara ini untuk mengusir segala aura negatif yang ada di dalam diri Anda.

Jangan Pesimis, Bersemangatlah!

Memikirkan sesuatu itu wajar, asal jangan terlalu berlebihan. Terapkan 5 tips di atas untuk membuat diri Anda terbebas dari jenuh dan stres akibat menganggur.

Semoga Anda segera mendengar kabar panggilan interview dan mendapatkan pekerjaan impian. Jangan pesimis, tetap semangat!

Pengemudi Ojek Online Tuntut Perbaikan Tarif
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Bingung, Ini Peluang Usaha yang Tak Ada Matinya
Artikel Selanjutnya
7 Hal Sepele Ini Dipercaya Bisa Bikin Kaya