Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Saat Jenuh dan Stres dengan Suasana Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pekerja profesional, Anda akan selalu dituntut untuk menyelesaikan pekarjaan dengan tuntas dan sempurna. Belum selesai di satu tugas, Anda sudah diharuskan menyelesaikan pekerjaan lain yang juga tak kalah penting.

Hal ini akan terus-menerus terjadi, sehingga tak heran jika stres dan frustasi kerap melanda hingga tak punya lagi semangat kerja. Belum lagi bila ada perasaan tidak nyaman dengan rekan kerja karena sedikit perbedaan yang menimbulkan konflik dan lainnya.

Kehidupan kerja memang penuh tekanan, tetapi bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya. Agar tak sampai terjebak dalam stres dan jenuh karena lingkungan kantor, berikut beberapa tips sederhana yang sangat efektif untuk menghalaunya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lebih Awal Sampai ke Kantor

Coba berangkatlah lebih awal atau lebih pagi dari rumah. Ini cukup efektif menghalau jenuh dan stres sesampainya di kantor karena Anda bisa menghirup udara segar di pagi hari dan terhindar dari jalanan yang macet.

Dengan datang lebih awal, Anda juga punya waktu lebih banyak untuk mepersiapkan diri sebelum mulai bekerja. Dengan pagi yang lebih tenang dan stabil, tekanan di lingkungan kerja menjadi tak lagi terlalu berpengaruh.

Lain halnya jika Anda datang terlambat. Selain bisa menimbulkan banyak masalah karena kelelahan dan juga kemungkinan mendapat masalah dari atasan, juga dapat membuat mood Anda buruk yang akhirnya bikin frustasi dan stres.

2 dari 4 halaman

2. Mendengarkan Musik Favorit

Musik tak hanya bisa membangkitkan semangat saja, tetapi juga bisa untuk mengurangi tingkat stres dan jenuh karena lingkungan kerja. Pilih lagu yang sesuai dengan selera Anda. Dengan mendengarkan lagu-lagu favorit, maka lambat laun akan membuat mood kembali membaik.

Cari lagu-lagu yang Anda suka di internet atau YouTube, kemudian unduh dan dengarkan di kantor. Anda juga bisa mendengarkan musik terbaru dari aplikasi-aplikasi yang banyak ditemukan di smartphone, atau hanya sekadar mendengarkan musik dari saluran radio.

3. Tinggalkan Pekerjaan Ketika Jam Istirahat Tiba

Terkadang, saking sibuknya dikejar-kejar pekerjaan, banyak orang yang mengabaikan jam istirahat. Meski sudah waktunya istirahat dan jam makan siang, tetap saja melakukan pekerjaan. Ingat, pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya.

Suasana kantor yang sibuk kadang membuat pekerjanya makin tertekan hingga membuat suasana tidak nyaman. Tapi jangan terlalu menyalahkan suasana kantor. Jadi, tinggalkan pekerjaan ketika jam istirahat itu tiba. Karena dengan tetap bekerja saat jam istirahat bisa memicu stres.

Untuk mendapatkan suasana baru dan lebih menyegarkan, Anda bisa pergi keluar kantor pada jam istirahat untuk menikmati makanan favorit di sebuah resto yang nyaman. Sehingga Anda bisa mengusir rasa jenuh dan stres di tempat kerja. (Baca Juga: Kerja dari Rumah, Apa Saja Kelebihannya?)

3 dari 4 halaman

4. Bicara dengan Sahabat

Punya masalah yang membebani pikiran jangan hanya dipendam sendirian, termasuk masalah di kantor. Karena bisa berakibat buruk pada kondisi mental Anda hingga berisiko memicu munculnya masalah depresi yang membahayakan.

Untuk itu, carilah teman ngobrol yang bisa dipercaya. Ungkapkan apa saja yang selama ini membuat Anda tertekan dan keluarkan semua yang mengganjal dalam hati. Dengan berbagi cerita, setidaknya hati dan pikiran akan merasa plong.

5. Buat Rencana Liburan di Akhir Pekan yang Singkat

Sepanjang hari berkutat dengan setumpuk berkas dan dokumen membuat fisik dan pikiran lelah tak terkira. Muncul keinginan untuk cuti dan berlibur, tapi sayangnya ternyata jatah cuti pun juga sudah habis atau menipis. Tak usah mengeluh, tak perlu ambil cuti khusus untuk pergi berlibur. Akhir pekan yang singkat juga bisa dimanfaatkan untuk pergi liburan.

Bukan masalah waktu yang akan Anda habiskan, tetapi kualitas dari liburan yang bisa membuat pikiran Anda semakin fresh dan bisa lebih produktif saat bekerja. Coba buatlah rencana liburan di akhir pekan yang singkat bersama teman atau keluarga. Cari tempat bagus yang tak terlalu jauh supaya waktu tidak habis di perjalanan.

4 dari 4 halaman

6. Atur Waktu Istirahat dengan Baik

Aturlah waktu dengan baik, pisahkan antara waktu kerja dengan istirahat supaya tekanan saat bekerja tak semakin membuat tubuh kelelahan. Gunakan waktu istirahat secara maksimal dan jangan biarkan pekerjaan membuat waktu istirahat jadi terganggu.

Coba matikan ponsel ketika Anda ingin beristirahat, atau matikan suara notifikasinya. Supaya waktu istirahat lebih berkualitas. Dan Anda pun bisa semangat lagi dalam bekerja. (Baca Juga: Hati-hati, 10 Cara Hemat ini Bisa Merugikan Anda)

7. Konsumsi Makanan Sehat Penurun Stres

Tubuh memang perlu istirahat agar terhindar dari stres. Akan tetapi, tak hanya istirahat saja, tubuh pun juga perlu asupan nutrisi. Ada banyak makanan sehat yang bisa membantu menurunkan tingkat stres yang melanda. Misalnya saja yoghurt, dark cocholate, kacang almond, teh herbal, hingga buah-buahan yang memiliki rasa yang manis.

Jauhi Penyebab Stres dan Kelola dengan Baik

Bukan hanya di kantor, tekanan bisa muncul kapan saja seperti di rumah, di jalan, atau di mana pun, karena apapun bisa menyebabkan Anda tertekan. Namun yang terpenting bukan hanya memikirkan penyebabnya saja, tetapi Anda pun juga harus mampu mengelola rasa tertekan itu agar tak berubah menjadi stres dan depresi. Karena stres tak boleh dituruti dan harus di lawan dengan menjauhi penyebab-penyebabnya. Lakukan sesuatu yang baru dan bervariasi agar rasa jenuh juga bisa dihalau.

Artikel Selanjutnya
8 Tips Bikin Surat Lamaran Kerja yang Menarik Bagi Perusahaan
Artikel Selanjutnya
Mau Cepat Dapat Promosi Jabatan? Tiru 5 Cara Jitu Berikut