Sukses

Begini Jurus BKN Tangkal Hacker saat Seleksi CPNS 2018

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 akan dimulai pada 26 September 2018. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun terus merampungkan segala persiapan termasuk server agar nantinya seleksi bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pihaknya terus mematangkan segala persiapan termasuk antisipasi serangan hacker saat pendaftaran CPNS 2018 dimulai. Adapun pendaftaran CPNS dapat diakses melalui https://sscn.bkn.go.id.

"Kemungkinan pasti ada (serangan hacker). Tapi kita coba dengan apapun, dengan teknologi yang sudah ada untuk mencegah itu," ujar Ridwan ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Ridwan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai lembaga untuk menangkal serangan hacker. Beberapa lembaga tersebut antara lain tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), perguruan tinggi, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dari Kemenkominfo.

"Yang jelas semua persyaratan di ISO 27000 tetang pengamanan informasi itu diterapkan. Kami dapat bantuan dari perguruan tinggi, BSSN dan Kemenkominfo," jelasnya.

Ridwan menambahkan pihaknya juga akan menggandeng komunitas dalam menangkal gangguan hacker. "Mudah-mudahan enggak ada black hacker. Kami mengundang komunitas, saya sampaikan kalau ada lubang, ayo beritahukan cepat-cepat. Agar semuanya ini dapat berjalan lancar."

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Dokumen yang Harus Disiapkan Buat Daftar CPNS pada 26 September

Setelah detail formasi diumumkan, pendaftaran CPNS 2018 akan dilaksanakan secara serentak oleh Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) pada 26 September 2018.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan pelamar untuk bisa mendaftar sebagai CPNS?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN)‎ Mohammad Ridwan‎ mengatakan, sambil menunggu waktu tersebut, para calon pelamar diharapkan dapat mempersiapkan beberapa dokumen yang akan dibutuhkan dalam pendaftaran rekrutmen CPNS 2018.

Beberapa dokumen tersebut antara lain, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah asli, transkrip nilai dan foto resmi dengan background merah.

"Juga dokumen pendukung sesuai persyaratan masing-masing Instansi," ujar dia di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dia mengungkapkan, untuk pendaftaran, BKN telah mengimbau seluruh K/L dan Pemda yang membuka formasi CPNS 2018 untuk dapat mengumumkan penerimaan CPNS, selain di laman www.sscn.bkn.go.id juga melalui portal masing-masing K/L dan Pemda.‎

"Pendaftaran rekrutmen CPNS tahun 2018 akan dimulai secepat-cepatnya tanggal 26 September 2018 dan pendaftaran dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN," kata dia.

Pelamar CPNS dapat mengakses portal ‎www.sscn.bkn.go.id untuk mengetahui‎ persyaratan dan formasi CPNS 2018 yang dibuka oleh K/L dan Pemda. Hal ini sebagai bahan pertimbangan sekaligus memudahkan calon pelamar mengetahui posisi, lokasi penempatan dan persyaratan setiap formasi baik di instansi pusat maupun daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.