Sukses

5 Cara Jitu Atur Keuangan agar Sukses di Usia Muda

Jika kamu ingin sukses di usia muda dalam mengatur keuangan sendiri, kamu perlu mengikuti lima tips di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki usia dewasa dan meninggalkan masa-masa remaja, kamu harus bisa mengatur diri sendiri dan tidak bergantung lagi kepada orang tua. Contohnya kamu diwajibkan untuk mengatur keuanganmu sendiri.

Jika kamu ingin sukses di usia muda dalam mengatur keuangan sendiri, kamu perlu mengikuti lima tips di bawah ini, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Mengutamakan kewajiban untuk melunasi utang/cicilan

Sebelum kamu menghabiskan uang bulanan untuk membeli barang yang diinginkan, sebaiknya gunakan terlebih dulu uang tersebut untuk membayar utang atau cicilan. Mulai dari membayar sewa kos, cicilan motor, hingga angsuran bulanan. Jika masih ada sisa, barulah kamu bisa gunakan untuk membeli apa yang diinginkan. Membayar kewajiban adalah kunci penting jika kamu ingin sukses mengatur keuangan sendiri.

2. Memiliki asuransi kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan sangatkan penting bagi kamu yang memasuki usia dewasa. Walaupun usia tersebut tergolong muda dan sehat, tidak ada salahnya kamu memiliki asuransi kesehatan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Jadi ketika kamu sakit dan diharuskan dirawat, kamu tidak akan merepotkan orang tua dalam masalah biaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Hindari berutang

Berutang sering kali kita lakukan jika kita membutuhkan sejumlah uang untuk keadaan darurat. Tetapi sifat ini harus kamu hindari agar keuanganmu tetap seimbang. Tanpa disadari, gemar berhutang membuat kamu tidak mandiri dengan pemasukan yang dihasilkan. Kamu masih mengandalkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.

4. Membuat daftar pemasukan dan pengeluaran

Membuat daftar bulanan merupakan cara jitu agar dapat mengontrol keuangan. Dari daftar tersebut kamu bisa melihat berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Jiika dirasa pengeluaran terlalu besar, berarti kamu harus lebih berhemat lagi. Eliminasikan keperluan yang sekiranya tidak perlu untuk dibeli.

3 dari 3 halaman

5. Jangan terlalu sering memanjakan diri

Memanjakan diri dengan bersenang-senang memang tidak dilarang, tetapi yang harus diperhatikan adalah seberapa sering Anda melakukannya dalam sebulan? Bersenang-senang merupakan caramu memberi reward terhadap hasil kerja kerasmu selama ini. Agendakan kegiatan untuk refreshing 2-3 kali saja dalam sebulan bersama teman, keluarga, atau orang terkasih. Dengan cara ini, Anda masih tetap bisa menyisihkan uang bulanan untuk ditabung.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.