Sukses

Gedung Parkir GBK Mampu Hasilkan Listrik hingga 1 Megawatt

Masing-masing elevated parking memiliki solar panel yang dipasang pada bagian atasnya. Solar panel tersebut mampu menghasilkan listrik hingga 500 kilowatt (KW).

 

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) akan memiliki dua tempat parkir bertingkat (elevated parking) baru. Namun, bukan hanya berfungsi untuk memarkir kendaraan, elevated parking tersebut juga mampu menghasilkan listrik hingga 1 megawatt (MW).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, masing-masing elevated parking memiliki solar panel yang dipasang pada bagian atasnya. Solar panel tersebut mampu menghasilkan listrik hingga 500 kilowatt (KW).

"Dua-duanya (ada solar panel). Itu 500 KW jadi totalnya 1 megawatt," ujar dia di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (22/7/2018).

Dia mengungkapkan, listrik tersebut nantinya akan dukung pasokan listrik ke berbagai area di GBK. Dengan demikian diharapkan mampu menghemat biaya untuk memenuhi kebutuhan listrik selama Asian Games berlangsung.

"Itu untuk operasinya GBK, mensuplai GBK. Jadi ada penghematan untuk listrik," kata dia.

Progres pembangunan dua elevated parking tersebut kini telah mencapai 100 persen. Hanya tinggal proses pembersihan dan pemasangan rambu-rambu parkir.

Masing-masing gedung parkir memiliki kapasitas hampir 500 kendaraan dan diharapkan mampu menampung kendaraan yang dalam jumlah besar selama gelaran Asian Games berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawasan GBK Siap Diresmikan Jokowi 1 Agustus 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, seluruh venue dan fasilitas di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) telah hampir selesai. Rencananya, kawasan tersebut akan diresmikan pada 1 Agustus 2018 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Basuki mengungkapkan, saat ini progres pembangunan dan renovasi seluruh venue serta fasilitas di GBK sudah hampir 100 persen. Venue dan fasilitas seperti arena Squash, Cofftea, tempat parkir bertingkat (elevated parking) dan tungku api Asian Games (cauldron) sudah selesai.

"GBK semua sudah clear, sudah selesai semua. Yang sisa kemarin Squash kita sudah bisa main tadi di sana. Sudah selesai 100 persen. Kemudian cofftea house sudah. Elevated parking dua sudah selesai semua. Cauldron nanti tanggal 25 (Juli) sore kita coba gasnya, sudah 98 persen," ujar dia di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (22/7/2018).

‎Menurut dia, saat ini hanya tinggal proses pembersihan agar terlihat lebih rapi dan bersih.‎ Hal tersebut ditargetkan tidak membutuhkan waktu lama.

"Sudah ready to use. Sudah 99 koma sekian persen. Tinggal pembersihan," ungkap dia.

Rencananya, lanjut Basuki, pada 1 Agustus 2018 kawasan GBK, serta ditambah dengan venue lain di DKI Jakarta seperti jetsky di pantai Ancol akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Selanjutnya venue dan fasilitas tersebut akan dipergunakan pada Asian Games 2018 yang dibuka pada 18 Agustus mendatang.

‎"Tanggal 1 (Agustus), saya coba kirim surat ke Presiden untuk semua keseluruhan GBK dan kawasannya. ‎Itu patung Bung Karno, cauldron, squash, cofftea, dua lapangan parkir, jetsky dan perahu layar yang di Ancol akan coba diresmikan sekaligus," tandas dia.

Tonton Video Menarik Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.