Sukses

Kementerian PUPR Tuntas Tata Trotoar di Kawasan GBK

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat memprioritaskan, penataan jalan dan trotoar demi mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta sudah selesai 100 persen pada 21 Juli 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang, penataan pedestrian sepanjang 2 km di kawasan sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta saat ini telah selesai 100 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategis 2, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kusworo Darpito, mengatakan bahwa porsi pengerjaan Kementerian PUPR yang meliputi pedestrian di Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika dan Jalan Pintu Satu Senayan telah rampung.

"Kalau Jalan Sudirman kan (Pemprov) DKI yang kerjakan. Untuk yang kita kerjakan sudah selesai 100 persen, tinggal perapihan-perapihan sedikit," ucap Kusworo kepada Liputan6.com, Rabu (11/7/2018).

Dia menambahkan, bentuk perapihan pedestrian yang sekarang tengah pihaknya kerjakan yakni berupa pengecatan dan pembersihan trotoar.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat memprioritaskan, penataan jalan dan trotoar demi mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta sudah selesai 100 persen pada 21 Juli 2018.

Menteri Basuki pun menyatakan, pada 31 Juli nanti seluruh kegiatan pengerjaan sudah harus dihentikan, lantaran para tamu mancanegara pesta olahraga terbesar se-Asia ini sudah mulai datang.

Kusworo mengamini hal tersebut, dan menjamin semua proyek penataan pedestrian yang menjadi bagian Kementerian PUPR bisa terselesaikan akhir Juli nanti. "Pasti, 31 (Juli) nanti tinggal cek yang kurang rapi sama cleaning saja," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wijaya Karya Pastikan Penataan Trotoar Sudirman Selesai Akhir Juli

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memastikan pengerjaan penataan jalan dan trotoar di Jakarta dapat selesai pada akhir Juli 2018.

PT Wijaya Karya Tbk mengerjakan pekerjaan trotoar koridor Sudirman dari Patung Pemuda hingga Kali Krukut.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk, Puspita Anggraeni menuturkan, pihaknya bersama PT Jaya Konstruksi Manggala Tbk (JKON) mengerjakan proyek trotoar sepanjang 4,1 kilometer (km). PT Wijaya Karya Tbk mengerjakan trotoar sepanjang 2,5 km.

"Wika mengerjakan pekerjaan koridor Sudirman dari Patung Pemuda hingga Kali Krukut," ujar Puspita saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (10/7/2018).

Puspita menuturkan, porsi Wika untuk sisi sebelah barat akan selesai pada akhir Juli 2018. Sisi sebelah barat itu Patung Pemuda-Hotel Sultan hingga JCC. Selesainya trotoar tersebut akan mendukung pelaksanaan Asian Games di venue-venue di area sekitar tersebut.

Sebelumnya pemerintah provinsi DKI Jakarta menugaskan PT Wijaya Karya Tbk dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk untuk kerjakan proyek perombahan Sudirman-Thamrin. Pengerjaan penataan jalan dan trotoar diperkirakan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.