Sukses

Wijaya Karya Pastikan Penataan Trotoar Sudirman Selesai Akhir Juli

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memastikan pengerjaan penataan jalan dan trotoar di Jakarta dapat selesai pada akhir Juli 2018.

PT Wijaya Karya Tbk mengerjakan pekerjaan trotoar koridor Sudirman dari Patung Pemuda hingga Kali Krukut.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk, Puspita Anggraeni menuturkan, pihaknya bersama PT Jaya Konstruksi Manggala Tbk (JKON) mengerjakan proyek trotoar sepanjang 4,1 kilometer (km). PT Wijaya Karya Tbk mengerjakan trotoar sepanjang 2,5 km.

"Wika mengerjakan pekerjaan koridor Sudirman dari Patung Pemuda hingga Kali Krukut," ujar Puspita saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (10/7/2018).

Puspita menuturkan, porsi Wika untuk sisi sebelah barat akan selesai pada akhir Juli 2018. Sisi sebelah barat itu Patung Pemuda-Hotel Sultan hingga JCC. Selesainya trotoar tersebut akan mendukung pelaksanaan Asian Games di venue-venue di area sekitar tersebut.

Sebelumnya pemerintah provinsi DKI Jakarta menugaskan PT Wijaya Karya Tbk dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk untuk kerjakan proyek perombahan Sudirman-Thamrin. Pengerjaan penataan jalan dan trotoar diperkirakan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018.

 

2 dari 2 halaman

Penataan Trotoar Sudirman-MH Thamrin Selesai 21 Juli

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan penataan kawasan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin akan selesai pada 21 Juli 2018. Penataan tersebut dilakukan untuk menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018.

Dia mengungkapkan, penataan kawasan di kedua ruas jalan tersebut meliputi perbaikan jalan, penataan pedestrian dan taman.

"Prioritasnya jalan harus sudah lurus semua 100 persen. Jalan selesai dengan lebar 18,5 meter, taman sekitar 3,4 meter dan trotoar selebar 9 meter. Tapi yang diutamakan jalannya harus sudah lurus, tidak belok-belok lagi," ujar dia di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat 6 Juli 2018.

Dia mengungkapkan, penataan kawasan ini dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta. Total panjang jalan yang dilakukan penataan yaitu 6,9 km dari Senayan hingga Bundaran HI.

"Setelah kami rapat di Kementerian PUPR, saya sebagai ketua pokja sarana dan prasarana asian games ikut mendorong penyelesaian penataan kawasan di sepanjang Sudirman-Thamrin ini. Ini sudah 2 minggu. Jadi setelah 2 minggu. Nanti akan dicek lagi tanggal 22 Juli," kata dia.

Basuki menargetkan semua pekerjaan terkait penataan kawasan tersebut selesai pada 21 Juli 2018. Sehingga pada akhir Juli kawasan sudah rapi dan tidak ada lagi pekerjaan.

"Kami akan selesaikan itu kira-kira tanggal 21 Juli. Jadi di 31 Juli akan dihentikan semua karena sudah mulai ada tamu Asian Games datang. Tanggal 31 Juli semua sudah bersih. Tidak ada barrier, semua sudah tertata rapi," tandas dia

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading