Sukses

Ini Penampakan Cikal Bakal Tol Trans Kalimantan

Untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 melalui Viability Gap Fund sepanjang 33,11 km.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) tengah mengejar penyelesaian pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Saat ini progres kontruksi dari tol tersebut telah mencapai 61,9 persen.

Direktur Utama Jasamarga Balikpapan Samarinda, S.T.H. Saragi, ‎mengatakan bahwa tol sepanjang 99,35 kilometer (km) ini ditargetkan selesai pada akhir 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal 2019. Tol tersebut akan menjadi cikal bakal dari tol Trans Kalimantan.

"Nantinya jalan tol ini akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai jalan tol pertama di Kalimantan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda digadang-gadang menjadi cikal bakal jalan tol Trans Kalimantan," ‎ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Dia mengungkapkan, kehadiran Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat memangkas total perjalanan hingga 34 km, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda.

Saat ini, waktu tempuh antara Kota Balikpapan dan Samarinda menghabiskan waktu hingga 3 jam. Namun dengan adanya tol tersebut waktu tempuh tersebut dapat dipersingkat menjadi hanya 1 jam. Dengan demikian, dapat memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat.

"Dengan dibangunnya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, diharapkan menjadi salah satu solusi upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan pembangunan di wilayah antar kota tersebut," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Seksi

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sendiri terdiri atas lima seksi, yaitu :

a. Seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 21,95 Km;

b. Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,05 Km;

c. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 18,20 Km;

d. Seksi 4 dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,15 Km;

e. Seksi 5 dari Km 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 Km.

 

Untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 melalui Viability Gap Fund sepanjang 33,11 Km.

Sedangkan ruas investasi yang dikelola oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda terdiri dari Seksi 2, Seksi 3, dan Seksi 4 dengan total sepanjang 66,23 Km.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.