Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 60 Ribu per Kg di Pasar Kebayoran Lama

Pedagang mengatakan, saat Lebaran justru harga cabai lebih murah dibandingkan dengan hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Tepat 2 minggu usai Lebaran, harga komoditas sayuran masih terpantau tinggi di Pasar Tradisional Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Salah satu yang terpantau tinggi adalah harga cabai.

Pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama, Sri (33) menuturkan kenaikan tertinggi terjadi pada harga cabai rawit merah. Kenaikan harga mencapai Rp 10 ribu per kilogram (kg).

"Hari ini yang tinggi cabai, sudah dari 2 hari yang lalu kompak pada naik," tutur dia kepada Liputan6.com, Jumat (29/6/2018).

Sri menambahkan, saat Lebaran harga cabai lebih murah dibandingkan dengan hari ini. "Cabai keriting merah Rp 30 ribu sekarang, normal. Yang naik tinggi itu cabai rawit merah, Rp 60 ribu per kg, naik Rp 10 ribu. Lebaran malah lebih murah," ungkap dia.

Senada, tukang sayur lain, Umi (40) membanderol cabai keriting merah di kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai rawit merah ia banderol sebesar Rp 55 ribu per kg.

Sedangkan untuk komoditas bawang, Umi berujar bahwa di Pasar Kebayoran Lama terbilang stabil dan justru turun.

"Bawang putih kating sekarang Rp 40 ribu per kg, standarlah kalau ini. Bawang merah malah yang turun, dari Rp 45 ribu jadi Rp 35 ribu per kg," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sayuran

Untuk harga sayuran lainnya, Umi menyatakan kenaikan hanya terjadi pada tomat, sisanya cenderung normal atau stabil.

"Kentang Rp 13 ribu sampai Rp 14 ribu per kg, normal. Wortel dan timun Rp 10 ribu per kg. Cuma tomat yang sekarang Rp 14 ribu, naik Rp 4 ribu per kg," jelas Umi.

Untuk informasi saja, melansir dari laman info pangan DKI Jakarta per 28 Juni 2018 kemarin, harga komoditas cabai memang terpantau naik di Pasar Kebayoran Lama.

Untuk cabai rawit merah dikenakan Rp 50.600 per kg, dan cabai keriting merah besar yang dibanderol sebesar Rp 33.885 per kg.

Sedangkan untuk harga bawang merah mengutip dari laman info pangan DKI tercatat Rp 37.428 per kg serta untuk bawang putih sebesar Rp 33.771 per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini