Sukses

Mudik Lewat Tol Bocimi Seksi I, Bogor-Cigombong Cuma 15 Menit

Tol Bocimi Seksi I bisa memangkas waktu tempuh dari Bogor ke Cigombong menjadi 15 menit saja.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi diyakini dapat memangkas banyak waktu perjalanan dari arah Bogor menuju Sukabumi yang kerapkali memakan periode tempuh berjam-jam akibat kemacetan mengular di jalan arteri nasional.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky yang menjajal langsung ruas Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong pada Kamis kemarin, mengungkapkan, jarak tempuh hingga Cigombong bisa tereduksi sampai dua sepertiganya.

"Saya tadi coba jalan, dari Bogor (Ciawi) sampai Cigombong, itu cuma 15-20 menitan. Biasanya kalau hari biasa lewatin jalan nasional, bisa sampai 1 jam," katanya di Bogor, Jumat (8/6/2018).

Data Kementerian PUPR menyebut, Tol Bocimi bila sudah dioperasikan penuh, dapat mengurangi waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km menjadi hanya 1-2 jam saja, dari semula sekitar 5 jam.

Selain itu, konektivitas kedua kota yang semakin lancar, juga diharapkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi, serta mendukung kawasan wisata di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuka Gratis

Ruas Tol Bocimi Seksi I akan terus dibuka secara fungsional tanpa tarif alias gratis hingga H+7 Lebaran, yakni mulai Jumat (8/6/2018) sampai 24 Juni 2018.

Selama masa fungsional pun telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande atau Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk atau Cigombong. Antisipasi kemacetan akan dilakukan dengan membuka Pintu Tol Caringin bila kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini