Sukses

Begini Trik Jual Rumah Biar Cepat Laku

Menjual rumah lama adalah salah satu cara terbaik ketika ingin membeli rumah baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menjual rumah lama adalah salah satu cara terbaik ketika ingin membeli rumah baru. Anda juga tidak perlu menunggu waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan calon pembeli. Anda hanya perlu menyiapkan strategi terbaik untuk menemukan calon pembeli yang tepat.

Berikut ini strategi yang perlu dipersiapkan ketika ingin menjual rumah seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Bersihkan Rumah Secara Keseluruhan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan rumah secara keseluruhan. Calon pembeli tidak mau mengunjungi rumah yang kotor. Akan tetapi, jika rumah tersebut bersih dan tertata rapi, pembeli akan dengan senang hati mengunjungi dan membuat penawaran.

Mulailah dari bagian yang mudah dibersihkan. Setelah itu, lanjut ke bagian yang sulit dibersihkan, misalnya sela-sela rumah atau bagian sudut. Hal yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan pekerjaan ini adalah tenaga yang cukup.

2. Minta Bantuan Orang Lain

Anda berhak meminta bantuan orang lain untuk membersihkan seisi rumah, terlebih lagi jika ukuran rumah sangat besar. Sebelum meminta bantuan pihak ketiga, lebih baik meminta bantuan anggota keluarga. Hal ini akan menekan pengeluaran karena Anda tidak perlu membayar anggota keluarga selama proses bersih-bersih. Situasi yang berbeda ketika meminta bantuan jasa cleaning service, Anda perlu menyiapkan dana untuk membayarnya.

3. Perbaiki Rumah yang Rusak

Rumah yang lama ditempati biasanya akan memiliki sedikit kerusakan. Mulai dari keran air, lampu hingga bagian atap rumah. Sebelum menjual rumah, ada baiknya perbaiki bagian yang telah rusak. Hal ini akan meningkatkan nilai jual rumah dan membuat calon pembeli lebih tertarik.

Kebanyakan pembeli lebih senang melihat kondisi rumah yang bagus. Artinya, tidak terdapat kerusakan yang signifikan pada rumah tersebut. Karena itu, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup sebelum melakukan perbaikan. Semakin besar tingkat kerusakan biasanya akan membutuhkan dana yang lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mengecat Ulang Seisi Rumah

Selain memperbaiki bagian yang rusak, Anda juga dapat mengecat seisi rumah dengan warna yang menarik. Apalagi jika warna rumah sudah mulai pudar. Pilihlah warna cat yang banyak disukai orang, misalnya warna putih, abu-abu, atau warna cokelat. Pilih warna yang umum dan hindari warna yang terlalu terang karena tidak semua orang menyukai warna terang.

Untuk mendapatkan warna yang pas, lakukan pencarian pada warna properti yang paling diminati. Anda bisa menyamakan warna cat rumah dengan rumah pada umumnya.

Intinya, pilihlah warna cat yang membuat situasi rumah lebih hangat dan membuat calon pembeli merasa hangat untuk tinggal di dalamnya. (Baca Juga: Tips Waspadai Cuaca Ekstrem saat Liburan Akhir Tahun)

5. Tata Furnitur dengan Baik

Menggeser dan memindahkan furnitur dibutuhkan sebelum mulai melakukan pengecetan Setelah pengecetan selesai, tata ulang furnitur tersebut dengan baik.

Anda bisa menata properti tersebut berbeda dengan tata ruang sebelumnya untuk mendapatkan suasana baru. Selain itu, singkirkan bagian yang tidak penting. Misalnya, bingkai foto dan koleksi lukisan.

3 dari 3 halaman

6. Berikan Pencahayaan Natural

Rumah yang menarik adalah rumah yang memiliki pencahayaan yang bagus. Cahaya yang baik mampu menunjukkan seisi rumah dan mampu membuat rumah terlihat lebih mewah.

Tata letak furnitur sangat memengaruhi proses ini. Oleh sebab itu, sesuaikan tata letak furnitur dengan pencahayaan untuk mendapatkan kesan yang minimalis dan luas.

7. Hubungi Broker

Untuk mempercepat proses penjualan, Anda membutuhkan jasa broker untuk melakukan promosi. Dengan bantuan broker, Anda juga tidak perlu repot untuk mencari pembeli karena broker akan membantumu untuk menemukan calon pembeli tersebut.Untuk mendapatkan broker yang tepat, mintalah saran teman atau lakukan pencarian di internet.

Apabila sudah menemukannya, hubungi broker tersebut untuk melakukan kerja sama. Berikan fee yang menarik kepada calon broker agar ia tertarik untuk bekerja sama. Jangan lupa juga untuk menanyakan cara meningkatkan nilai jual rumah kepada broker tersebut. Sebab broker sangat lihai dalam hal peningkatan harga jual properti.

Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Itulah cara yang perlu dilakukan sebelum menjual rumah. Pastikan Anda memerhatikan seisi rumah dengan teliti untuk meningkatkan nilai jualnya. Untuk mempercepat proses penjualan, Anda juga bisa bergabung dalam pelelangan rumah untuk mendapatkan calon pembeli yang lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.