Sukses

6 Kunci Sukses Miliarder Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Satu hal yang tampaknya paling banyak disetujui oleh banyak miliarder dan orang-orang sukses lainnya dalam menjalankan hidup adalah bahwa kesuksesan datang jauh lebih mudah ketika kita terdorong untuk membantu orang lain lebih dari diri kita sendiri.

Tentu saja, sangat penting untuk menjaga diri kita tetap berada di atas, tapi tidak boleh sampai merugikan orang lain di sekitar kita, atau planet yang indah tempat tinggal kita saat ini.

Nilai lain yang dimiliki oleh miliarder mencakup rasa tanggung jawab, mengikuti hasrat diri, dan mengambil resiko dalam perjalanan pengembangan pribadi.

Daripada melihat kekayaan pribadi murni dari perspektif keuangan yang melayani diri sendiri, para miliarder menyarankan filsafat yang lebih mendasar, fokus kepada gambaran yang lebih besar.

Mengutip JobStreet, Senin (7/8/2017), berikut ini 6 kunci yang membuat para miliarder bisa sukses dan juga mendulang kekayaan: 

Bayar di depan

​Charles Koch, CEO dari Koch Industries, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$ 47,8 miliar menegaskan, "Agar dapat bertahan lama, bisnis anda harus memberikan kontribusi kepada masyarakat dan kesejahteraan mereka. Kalau tidak, siapa yang menginginkannya?"

Terlepas dari apakah anda memiliki bisnis anda sendiri, asasnya tetap sama. Jika kita fokus pada kontribusi dan menjadi kekuatan positif bagi masyarakat, kita akan mendapat kesuksesan finansial atau sebaliknya jauh lebih mudah daripada jika kita hanya bekerja untuk mengisi kantong kita sendiri.

2. Sederhanakan hidup

Kita terus-menerus dibombardir oleh bisnis untuk membeli lebih banyak dan mengkonsumsi lebih banyak. Kita dikondisikan untuk percaya bahwa kita perlu hidup dengan cara tertentu, mengendarai mobil atau berpakaian tertentu dengan label desainer tertentu.

Tapi apakah kita benar-benar perlu membeli standar yang tidak penting ini? Meskipun kekayaan bersihnya senilai US$ 73,3 miliar, Warren Buffett masih tinggal di rumah senilai $ 31.500 yang dibelinya pada tahun 1957.

Selain itu, kita juga memiliki John Caudwell, David Cheriton, dan Chuck Feeney—tiga miliarder teladan yang memilih untuk berjalan kaki, bersepeda, atau naik kendaraan umum untuk perjalanan sehari-hari mereka. Selain dapat membantu menjaga bentuk tubuh mereka, hal tersebut juga ramah bagi lingkungan dan kantong mereka.

Mengumpulkan harta benda yang tidak perlu menempatkan kita pada treadmill keuangan yang konstan daripada eskalator penghematan ke atas. Jadi lain kali, jika anda tergoda untuk membeli mobil atau iPhone keluaran terbaru, mungkin anda harus memikirkan kembali skala prioritas dan bertanya pada diri sendiri apakah pembelian itu benar-benar diperlukan.

Jadilah pengemudi

Karl Albrecht yang mendirikan rantai supermarket diskon Aldi senilai sekitar US$ 25,9 miliar dan orang terkaya di Jerman pada saat kematiannya pada tahun 2014, berbagi pendapat yang dimilikinya:

"Kehidupan manusia tampaknya tidak terencana, tidak diarahkan, tidak hidup, dan tidak diinginkan. Hanya mereka yang secara sadar memikirkan petualangan hidup sebagai masalah dalam membuat pilihan di antara pilihan, yang telah mereka temukan untuk diri mereka sendiri, yang akan pernah membangun kontrol diri sejati, dan menjalani hidup mereka sepenuhnya."

Intinya sederhana: semua yang kita lakukan adalah hasil pilihan. Meskipun hal-hal tertentu mungkin berada di luar kendali kita, pada kenyataannya sebagian besar dari apa yang terjadi pada diri kita adalah hasil dari tindakan kita sendiri. Jadi duduklah di kursi pengemudi dan mulai menjadi arsitek hidupmu sendiri.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti keinginan

Ikuti hasrat diri

Jim Koch, pendiri Boston Beer Co. mengatakan bahwa berkonsentrasi pada hasratnya daripada uang adalah hal yang menjadikannya seorang miliarder. Pendiri gerakan pembuatan bir buatan Amerika ini mengatakan, "Saya katakan kepada semua orang, menjadi kaya adalah jebakan terbesar di dunia. Hal itu tergantung pada apa yang anda inginkan, bahagia atau kaya? Saya mengatakan, lakukan apa yang akan membuatmu bahagia."

Dengan nada yang sama, Oprah Winfrey mengatakan bahwa "Anda menjadi apa yang anda percaya. Anda berada di tempat anda saat ini berdasarkan segala hal yang anda percaya." Jadi dengarkan ibumu dan ikuti keinginan anda.

Ambil risiko

Eli Broad, pendiri KB Homes senilai sekitar US$ 7,1 miliar, memiliki cerita berikut untuk dibagikan:

"Tidak ada yang pernah menghasilkan sejuta dolar dengan bersikap hati-hati, malu-malu, atau masuk akal. Saya berusia 22 tahun dan baru saja menikah ketika saya memiliki ide gila bahwa saya harus melepaskan karir saya sebagai CPA dan menjadi homebuilder. Saya tidak tahu apa-apa tentang membangun rumah. Terkadang gagasan paling gila adalah yang menghasilkan hadiah terbesar."

Jadi jika Anda memiliki hasrat membara untuk mencoba sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya, lakukanlah! Anda tidak akan pernah tahu apakah anda ahli dalam sesuatu hal, kecuali jika anda memberi diri anda kesempatan untuk melakukannya.

Tetap terbuka terhadap peluang

Eric Schmidt, mantan CEO Google saat ini, menjelaskan filsafat kesuksesan berasal dari mengetahui kapan harus memanfaatkan kesempatan besar. Berlawanan dengan kebijaksanaan konvensional, dia mengemukakan hal berikut:

"Tidak usah repot-repot memiliki rencana. Semua hal tentang rencana, buanglah. Bagi saya, ini semua tentang peluang dan membuat keberuntungan diri anda sendiri. Anda mempelajari dari orang-orang yang paling sukses bahwa mereka bekerja keras dan memanfaatkan kesempatan yang mereka tidak tahu akan terjadi pada mereka. Anda tidak bisa merencanakan inovasi; anda tidak bisa merencanakan penemuan. Yang bisa anda lakukan adalah berusaha sangat keras untuk berada di tempat yang tepat dan bersiaplah."

Anda tidak pernah tahu kapan peluang yang tepat bisa terjadi, tapi anda bisa tetap membuka kemungkinan dengan berjejaring dan bertukar gagasan dengan sesama profesional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.