Sukses

Redenominasi Bakal Dibahas di Sidang Kabinet

Redenominasi mendapatkan respon positif dari Presiden Joko Widodo

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowadojo menyatakan usulan penyederhanaan nominal rupiah atau redenominasi mendapatkan respon positif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Redenominasi ini akan dibahas lebih lanjut dalam sidang kabinet.

Agus mengatakan, dirinya bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas soal Rancangan Undang-Undang (RUU) redenominasi ini. ‎
‎
"Melaporkan kepada Bapak Presiden tentang RUU Redenominasi mata uang. Jadi bersama dengan Menteri Keuangan menjelaskan itu. Dan tentu kita akan tindaklanjuti lagi karena nanti akan dibahas, mungkin di level sidang kabinet,"‎ ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Agus menyatakan, dalam sidang kabinet, Presiden Jokowi akan memberikan arahan lebih detail terkait redenominasi. Dan setelah itu, dirinya akan membahas masalah ini dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Ya arahan Presiden menyambut baik dan nanti akan dipresentasikan lebih dalam di Sidang Kabinet. Untuk nanti kemudian Presiden akan memberikan arahan final untuk selanjutnya kita akan bicarakan dengan DPR. Tetapi prosesnya berjalan terus," kata dia.‎

Sebelum dibawa ke DPR, kata Agus, pihaknya juga ada berkoordinasi dengan menteri terkait, salah satunya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dirinya berharap RUU redenominasi ini bisa masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) 2017 sehingga bisa segera diterapkan.

"Juga akan ada koordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM untuk berdiskusi dengan DPR untuk bisa masuk di dalam prolegnas prioritas untuk dibahas tahun 2017," tandas dia.`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini