Sukses

Mau Beli Mobil Bekas? Cek Tips Berikut Ini

Terkadang Anda merasa terjebak ketika membeli mobil second? Berikut tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Mobil merupakan salah satu kebutuhan untuk memenuhi transportasi. Apalagi, bagi masyarakat perkotaan. Dilengkapi dengan fasilitas yang baik, mobil juga dapat memberikan perlindungan bagi Anda dari berbagai cuaca, seperti panas dan hujan. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang lebih menyukai menggunakan mobil sebagai alat transportasi daripada yang lain. 

Karena semakin digemari, terkadang orang berusaha untuk membeli kendaraan tersebut. Persepsi setiap orang berbeda dalam menentukan pilihan ketika membeli mobil. Ada yang berpikir lebih enak membeli mobil baru dari pada mobil second atau bekas pakai. Mungkin karena model dan kondisi yang lebih baru daripada mobil yang sudah dipakai orang lain sebelumnya. Namun, tak sedikit orang juga yang berpikir untuk membeli mobil bekas terlebih dahulu, karena merasa belum dapat membeli mobil baru yang harganya lebih mahal. Itu semua tergantung pilihan Anda.

Berikut tips agar Anda bisa mendapatkan harga yang pas dengan budget Anda ketika membeli mobil bekas:


1. Selidiki terlebih dahulu

Sebelum membeli mobil, Anda perlu melakukan seperti riset kecil. Tujuannya adalah untuk mengetahui mengenai mobil yang Anda ingin beli. Sehingga Anda terhindar dari hal buruk yang ditutupi oleh pemilik sebelum membeli mobil tersebut. Dalam proses ini, membandingkan harga juga perlu untuk membuat Anda mendapatkan mobil second dengan harga yang sangat tepat untuk Anda.


2. Cek kondisi kendaraan

Anda tidak bisa sembarangan menerima apa yang diberikan pemilik sebelumnya. Bagaimana pun, jika barang tersebut sudah dibayar berarti sudah milik Anda. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cek pada kendaraan yang Anda beli. Hal ini juga bisa Anda lakukan sebelum pembayaran atau saat Anda melakukan survei.


3. Beli langsung kepada pemiliknya

Jika Anda ingin mendapatkan harga yang tepat saat membeli mobil bekas, maka ini adalah salah satu hal yang paling penting. Anda harus membeli langsung mobil tersebut pada pemilik sebelumnya. Tidak disarankan untuk membeli di dealer, karena biasanya dealer mematok harga lebih mahal paling tidak 10 persen dari harga asli untuk keuntungannya.

4. Produksi lama

Membeli mobil yang produksinya sudah dihentikan bisa jadi pilihan. Dealer memiliki jumlah ruang yang terbatas, dan akan sangat mengurangi kendaraan ini untuk memberi jalan bagi model baru. Maka dari itu, biasanya mereka akan menjual lebih murah bila mobil tersebut yang termasuk model lama atau keluaran tahun yang sudah lama sebelumnya. Ini bisa dimanfaatkan untuk Anda. Walaupun mobil dengan model lama, tetap dalam kondisi yang terbaik, jangan ragukan.


(Fransiska Wahyuning)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini